Rusli Habibie – Ridwan Kamil Bertemu, Bahas Banyak Hal

Suasana pertemuan antara Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dengan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil di kediaman Gubernur Jabar, Bandung, Senin (24/1/2022). (Foto : Kominfo)

KBRN, Gorontalo – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menemui Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil di kediaman Gubernur Jabar, Bandung, Senin (24/1/2022). Pertemuan ini dalam rangka membahas penanganan Covid-19 di daerah masing-masing, sekaligus strategi percepatan vaksinasi Covid-19.

Gubernur Rusli Habibie menilai koordinasi antar pimpinan daerah harus dilakukan untuk bagaimana memutus penyebaran Covid-19. Ia juga menceritakan sejak ditemukannya pada april 2020 corona di Gorontalo  hingga saat ini, langkah yang dilakukan adalah kekompakan antar Forkopimda dan seluruh pemangku kepentingan.

“Kami pak Gubernur di Gorontalo itu, kekompakan Forkopimda yang kami jaga. Karena kompak adalah kunci untuk memutus penyebaran Covid-19. Kami banyak duduk bersama mencari solusi solusi, termasuk saat mulai melakukan vaksinasi massal, stimulus yang kami lakukan memberikan bantuan beras, dan itu terbukti masyarakat berbondong bondong ikut vaksinasi massal,” ungkap Gubernur Rusli Habibie.

Gubernur Rusli pun berharap dengan datang berkunjung ke Jawa Barat, Gorontalo bisa belajar ilmu baru untuk penanganan Covid-19. Sama halnya dengan kunjungannya beberapa waktu lalu dengan gubernur DKI Jakarta dan Jawa Tengah.

Sementara itu Gubernur Ridwan Kamil mengaku sangat senang dengan kunjungan Gubernur Rusli bersama Forkopimda Gorontalo. Ia menilai secara umum semua pihak memang harus bekerjasama dan bergotong royong. Ia juga mengakui, jika dilihat Provinsi Gorontalo lebih aman terkendali daripada di daerah daerah lain.

“Pandemi Covid-19 ini sudah berlalu dua tahun nah sekarang kesimpulannya di tahun 2022 ekonomi harus normal lagi. Kami di Jabar juga hanya fokus di satu aplikasi pak Gubernur, untuk penanggulangan Covid ini. Saran saya jangan pakai banyak aplikasi kalau soal penanganan Covid-19 atau vaksin. Coba satukan saja, kalau tidak disatukan dalam satu aplikasi akan terjadi keruwetan, di pusat itu kebanyakan aplikasi maaf saja itu malah membingungkan,” ungkap Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Di akhir pertemuan itu, Gubernur yang kerap disapa Kang Emil ini juga berjanji akan membalas kunjungan Gubernur Rusli berkunjung ke Gorontalo.

“Mudah-mudahan dengan kehadiran kita bersama, inilah kekayaan Indonesia. Pesan saya kita juga harus berhati-hati dengan medsos, bicara yang baik atau sebaiknya diam. Saya ucapkan terimakasih pak gubernur Rusli dan Forkopimda Gorontalo atas kunjungannya. Dan tentunya kita akan follow up ini dengan hal hal yang konkrit, dan sesuai keinginan pak gubernur, saya akan atur jadwal akan balas berkunjung ke Gorontalo,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu pula antara Gubernur Rusli dan Kang Emil saling bertukar cindera mata. Gubernur Rusli memberikan kopiah keranjang (upia karanji) yang menjadi khas Gorontalo, sementara Kang Emil memberikan ikat kepala khas Sunda (totopong).

Gubernur Rusli sendiri hadir didampingi istri Idah Syahidah yang juga anggota DPR RI, Danrem 133/NSB Brigjen TNI Amrin Ibrahim, Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Akhmad Wiyagus, Ketua DPRD Provinsi Gorontalo Paris RA Jusuf, serta sejumlah pimpinan OPD.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar