Pemprov Gorontalo Gelar Upacara Hari Patriotik ke 80

Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba saat membacakan amanat Gubernur Gorontalo Rusli Habibie pada upacara peringatan Hari Patriotik 23 Januari 1942 yang dilaksanakan di halaman rumah jabatan Gubernur Gorontalo, minggu (23/1/2022). (Foto: Kominfo)

KBRN, Gorontalo – Pemerintah Provinsi Gorontalo menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Patriotik 23 Januari 1942 yang dilaksanakan di halaman rumah jabatan Gubernur Gorontalo, minggu (23/1/2022). Upacara hari Patriotik ke 80 itu dipimpin oleh Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba dengan komandan upacara Wakil Komandan Batalyon Infanteri 713/Satyatama Mayor Infanteri Cakra Antonius Mok.

Peristiwa 23 Januari 1942 merupakan gerakan rakyat Gorontalo yang dipimpin oleh bapak Nani Wartabone untuk berjuang membebaskan diri dari penjajahan kolonial Belanda. Kala itu para pejabat Belanda ditangkap. Bendera Belanda diturunkan dan diganti dengan Bendera Merah Putih.

“Hari ini kita bersama-sama memperingati hari bersejarah yakni kejadian pada tanggal 23 Januari 1942, di mana Gorontalo di bawah pimpinan bapak Nani Wartabone memproklamirkan kemerdekaan di bawah belenggu penjajah,” kata Sekretaris Daerah provinsi Gorontalo, Darda  Daraba saat membacakan amanat Gubernur Gorontalo.

Sekda Darda mengatakan bahwa semangat pahlawan Nani Wartabone yang gagah berani mengusir penjajah dan mengibarkan bendera merah putih di bumi Gorontalo perlu dilestarikan dan harus dikembangkan dalam penyelenggaraan seluruh sendi sendi kehidupan.

“Dengan semangat hari Patriotik, mari kita jaga Provinsi Gorontalo, mari kita implementasikan semangat pantang menyerah pahlawan nasional Nani Wartabone untuk membangun Gorontalo,” ucap Sekda Darda Daraba.

“Kami atas nama rakyat Gorontalo menghaturkan beribu-ribu ucapan terima kasih kepada pahlawan nasional bapak Nani Wartabone dan para pejuang 23 Januari 1942 berserta keluarga besar Wartabone,” ucap Sekda Darda Daraba.

Upacara peringatan hari Patriotik ke 80 tahun diikuti secara daring oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bersama istri, Kapolda Gorontalo, Danrem 133/NWB, Ketua DPRD Provinsi Gorontalo. Sementara tamu undangan yang hadir secara langsung di antaranya Wakil Wali Kota Gorontalo, Kabinda Gorontalo, Wakapolda Gorontalo, serta pimpinan organisasi perangkat daerah Provinsi Gorontalo, perwakilan pemerintah kabupaten/kota, dan unsur Forkopimda Provinsi Gorontalo lainnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar