Ziarah Makam Nani Wartabone Warnai Peringatan Hari Patriotik

Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba (kopiah hitam) saat menaburkan bunga di atas makam pahlawan Nani Wartabone, pada peringatan Hari Patriotik 1942 yang ke 80, Minggu (23/1/2022). (Foto: Kominfo)

KBRN, Gorontalo – Upacara ziarah dan tabur bunga di makam Pahlawan Nasional Nani Wartabone warnai Peringatan Hari Patriotik 23 Januari 1942 yang ke-80 tahun.

Prosesi ziarah di awali dengan penghormatan kepada pahlawan Nasional, mengheningkan cipta kemudian peletakan karangan bunga pada tugu makam pahlawan yang dipimpin oleh Wakapolda Gorontalo Brigjen Pol. Drs. Prasetjianto Hadi di Makam Pahlawan Nasional (MPN) Nani Wartabone di Desa Bube, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Minggu (23/1/2022). Upacara tersebut turut diikuti Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba, Wakil Bupati Bone Bolango beserta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) lainnya.

Sekda Darda Daraba dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ziarah makam merupakan penghormatan dan penghargaan kepada pahlawan Nasional Nani Wartabone.

“Kemerdekaan yang sudah diraih ini bukan di dapat dengan begitu saja. Maka dari itu dengan ziarah ini kita akan selalu mengingat perjuangan bapak Nani Wartabone yang gagah berani mengusir penjajah dan mengibarkan bendera Merah Putih 

di bumi Gorontalo ini,” ucap Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba.

Hari Patriotik 23 Januari 1942 yang diperingati setiap tahun oleh pemerintah dan seluruh masyarakat Provinsi Gorontalo, merupakan peristiwa bersejarah yang menjadi puncak perjuangan masyarakat Gorontalo dalam mengusir penjajah dan merebut kemerdekaan bangsa Indonesia di Gorontalo. Di bawah pimpinan Pahlawan Nasional Nani Wartabone, para pemuda dan seluruh masyarakat Gorontalo berhasil mengusir penjajah Belanda dan mengibarkan bendera Merah Putih.

Atas jasa-jasanya tersebut, putra Gorontalo yang lahir pada 30 April 1907 dan wafat pada 3 Januari 1986 itu dianugerahi gelar Pahlawan Nasional berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 085/TK/Tahun 2003 tertanggal 6 November 2003.

Sebelum melakukan ziarah makam, Sekda dan rombongan telah lebih dulu melaksanakan Upacara peringatan Hari Patriotik 23 Januari 1942 yang berlangsung di rumah jabatan Gubernur.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar