Ini Pesan Kadis Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Untuk Petani di Gorut

KBRN, Gorontalo : Masyarakat Gorontalo Utara diimbau menerapkan metode panca usaha tani dan Sapta Usaha Tani dengan baik dan benar. Imbauan ini disampaikan Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebukan Gorontalo Utara Kisman Kuka, Minggu (3/7/2022)

Ia menjelaskan, untuk meningkatkan hasil panen, serta meningkatkan produksi tanaman pangan yang menjadi unggulan Gorontalo Utara, maka penerapan metode tersebut sangatlah penting. 

“Petani diharapkan memberlakukan metode tersebut, untuk menopang produksi dan produktivitas padi, jagung yang menjadi andalan Gorontalo Utara. Jadi petani harus fokus untuk panca usaha tani,” kata Kisman

Kisman menjelaskan, setelah hal tersebut terlaksana dengan baik, maka dilanjutkan dengan Sapta usaha tani.

“Seperti yang kita ketahui, Sapta usaha tani meliputi pengolahan tanah yang baik, mekanisasi dan pengairan yang teratur, pemilihan bibit unggul, pemupukan, pemberantasan hama dan penyakit tanaman, pengolahan pasca panen dan pemasaran,” lanjutnya.

Disisi lain, dirinya juga mengingatkan kepada petani yang memiliki lahan kemiringan, untuk dapat menerapkan metode penanaman tumpang sari. Dimana, tumpang sari sendiri memiliki arti menanam 2 atau lebih jenis tanaman dalam 1 areal lahan.

“Disarankan untuk selang seling tanaman jagung dengan tanaman tahunan supaya dapat menekan adanya erupsi. Itu yang di atas kemiringan 15 persen, sehingga juga terjaga kelestariannya,” tukasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar