Wabup Thariq : Investasi Wajib Perhatikan Aspek Ekologi Dan Sosial

Wakil Bupati Gorontalo Thariq Modanggu. (Foto : Istimewa)

KBRN, Gorontalo – Wakil Bupati Gorontalo Utara (Gorut) Thariq Modanggu, bersama beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Gorut melakukan pemantauan dan pengawasan, terhadap perusahaan tambang batu yang ada di Desa Mutiara Laut, Kecamatan Tomilito.

Wabup Thariq mengatakan, hal itu dilakukan untuk memastikan apakah perusahaan tersebut telah memenuhi prosedur perizinan yang berlaku di wilayahnya.

“Saya bersama Dinas Penanaman Modal, Lingkungan Hidup, dan PUPR datang di perusahaan Berkah Daya Mandiri dengan tujuan melakukan monitoring, pengecekan persyaratan perizinan, pelaporan secara periodik, kemudian soal aturan yang berkaitan dengan aspek lingkungan,” ungkap Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu, Kamis (20/1/2021).

Wabup Thariq juga mengatakan, bahwa dia akan perintahkan dinas terkait untuk melakukan kajian lebih dalam, terhadap hasil monitoring tersebut. Agar kajian itu bisa menjadi salah satu pertimbangan pemerintah daerah, dalam melaksanakan pengawasan kepada perusahaan yang berinvenstasi di Gorontalo Utara.

“Pendalaman terhadap hasil monitoring ini untuk disandingkan dengan ketentuan-ketentuan yang mengatur, sehingga dokumen yang dikaji ini menjadi catatan rekomendasi dari perusahaan, dan juga menjadi cara pemerintah untuk mengawasi usaha-usaha pertambangan di Gorut,” ujar Wabup Thariq Modanggu.

Selain itu, dirinya berharap pihak perusahaan yang melakukan investasi di Gorontola Utara, wajib memperhatikan aspek ekologis dan sosial.

“Kita tentu terbuka dengan investasi, tetapi aspek pembangunan berkelanjutan dan keseimbangan tidak boleh diabaikan,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar