Pemprov Gorontalo Raih Treasury Awards 2021

Kakanwil DJPb Provinsi Gorontalo, Sugiyarto (kiri), menyerahkan plakat Treasury Awards kepada Asisten Bidang Pemerintahan Provinsi Gorontalo, Sukri Botutihe, di aula rumah jabatan Gubernur Gorontalo, Kamis (2/12/2021). (Foto : Kominfo)

KBRN, Gorontalo – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo berhasil meraih penghargaan Treasury Awards tahun 2021 dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI. Penghargaan diserahkan oleh Kakanwil DJPb Provinsi Gorontalo, Sugiyarto, pada penyerahan DIPA dan TKDD tahun 2022 di aula rumah jabatan Gubernur Gorontalo, Kamis (2/12/2021).

Treasury Awards merupakan bentuk penghargaan dan apresiasi DJPb Kemkeu RI kepada Satuan Kerja (Satker) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah melaksanakan pengolahan belanja negara secara berkualitas sehingga dampaknya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Tahun ini, Pemprov Gorontalo berhasil meraih peringkat pertama untuk kategori Pemerintah Daerah Pengelola DAK Fisik Terbaik. Selain itu, Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo juga meraih peringkat pertama untuk kategori Satker Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan Pengelolaan Keuangan Terbaik.

“Treasury Awards ini adalah bentuk penghargaan kepada satuan kerja dan pemerintah daerah yang telah bekerja keras dalam melaksanakan belanja negara yang efektif, tepat sasaran, berkualitas, dan akuntabel,” kata Kakanwil DJPb Provinsi Gorontalo, Sugiyarto.

 Sementara itu Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim berharap, penganugeran Treasury Awards tersebut mampu mendorong peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat, kualitas pengelolaan keuangan, serta kualitas pelaporan pertanggungjawaban keuangan negara. Diutarakannya, besarnya alokasi dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa menuntut pemerintah daerah untuk menggunakan anggaran tersebut secara efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

“Kita harus bisa mengelola keuangan negara dengan baik. Gunakan anggaran tersebut benar-benar untuk kepentingan masyarakat,” ungkap Wagub Idris Rahim.

Treasury Awards tahun 2021 terdiri dari 12 kategori, di antaranya Pemerintah Daerah dengan Kapasitas Fiskal Terbaik, Pemerintah Daerah Pengelola Dana Desa Terbaik, dan Pengelola Kartu Kredir Pemerintah Terbaik. Selain penganugerahan Treasury Awards, pada kegiatan itu juga diserahkan penghargaan pencapaian Opini WTP kepada Pemerintah Provinsi Gorontalo dan Kabupaten/Kota.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar