Cegah Banjir, Normalisasi Sungai  Akan Dilakukan di Gorontalo Utara 

KBRN, Gorontalo : Salah satu cara yang akan dilakukan Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara untuk menanggulangi banjir, yaitu dengan melakukan normalisasi sungai. Normalisasi sungai ini akan diprioritaskan pada wilayah yang potensi banjirnya sudah sangat parah. 

Wakil Bupati Thoriq Modanggu mengatakan, untuk melakukan normalisasi sungai ini, pihaknya akan melibatkan beberapa pihak terkait agar mendapatkan solusi terbaik. 

“Kita akan memprioritaskan Kecamatan Anggrek, karena diwilayah itu sudah sangat mendesak, karena disitu juga ada muara yang menjadi penyebab banjir,” ungkap Thariq, Jumat (26/11/2021).

Thoriq menjelaskan, akan memerintahkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gorontalo Utara agar segera menyurati pemerintah provinsi untuk mempercepat normalisasi sungai ini.

“Dalam percepatan (normalisasi sungai) ini saya akan meminta dinas lingkungan hidup agar menyurati gubernur (Gorontalo) dalam rangka pinjam pakai kawasan, karena di bawah 5 hektar itu kewenangan dari gubernur,” ujarnya.

Lebih lanjut, Thariq meminta supaya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gorontalo Utara meninjau kembali semua dokumen banjir di wilayah itu untuk dijadikan rujukan.

“Karena dokumen yang ada sekarang ini sudah tidak kondusif lagi dalam rangka penanggulangan banjir dan masalahnya juga setiap daerah berbeda-beda,” bebernya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar