ASN Pemprov Gorontalo Siap Internalisasi Dan Implementasi Core Values dan Branding ASN

Beberapa Kepala Dinas di lingkup Provinsi Gorontalo saat menggunakan twibbon BerAkhlak” dan tagar “Bangga Melayani Bangsa” di berbagai media sosial.(Foto – Kominfo)

KBRN, Gorontalo – ASN Pemprov Gorontalo sejak Sabtu, 18 Agustus 2021, mulai menggunakan logo “BerAkhlak” dan tagar “Bangga Melayani Bangsa” di berbagai media sosial. Penggunaan logo dan tagar ini adalah tindaklanjut surat MenPANRB No. 20 Tahun 2021 tentang implementasi Core Values dan Employer Branding ASN yang mendorong agar internalisasi core values dan branding ASN dilakukan secara parallel antara lain melalui penggunaan logo dan tagar dalam poster, konten media sosial, latar virtual, twibbon,bahan paparan dan media lainnya.

Sejak diluncurkan oleh Presiden Jokowi pada 27 Juli 2021, Core Values BerAkhlak dan Employer Branding Bangga Melayani Bangsa menjadi dasar penguatan budaya kerja di instansi pemerintah untuk mendukung pencapain kerja individu dan tujuan instansi pemerintah. Core Values ASN BerAkhlak adalah akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif.

Melalui Core Values ini ASN diminta memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat dan melakukan terus melakukan perbaikan pelayanan public. ASN juga diminta melaksanakan tugas dengan jujur bertanggungjawab, menghargai dan menolong serta terus meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah. Kesetiaan memegang teguh ideologi pancasila dan Undang-Undang Dasa 1945, setia kepada NKRI dan Pemerintahan yang sah harus menjadi prinsip dasar bagi seorang ASN.

Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Gorontalo, Aryanto Husain mengatakan penggunaan logo dan tagar ini adalah bentuk komitmen Gubernur dan Wakil Gubernur serta seluruh jajaran Pemprov dalam menindaklanjuti arahan Presiden. Menurutnya, penguatan budaya kerja melalui internalisasi core values dan branding ASN ini adalah salah satu strategi transformasi pengelolaan ASN menuju pemerintahan berkelas dunia.  Menjadi ASN adalah sebuah amanah dan kepercayaan yang harus dibayar dengan pengabdian dan pelayanan, baik sebagai abdi masyarakat dan abdi negara.

“Pak Gubernur dan Wakil Gubernur senantiasa mengingatkan hal ini dan selalu mendorong ASN Pemprov terus mengasah diri dan perilakunya dalam rangka memperbaiki pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Gorontalo, Aryanto Husain.

Biro Organisasi menghimbau seluruh ASN lingkup Pemerintah Provinsi Gorontalo mendukung implementasi Core Values ASN BerAkhlak dan Branding “Bangga Melayani Bangsa” sebagai wujud dan komitmen Pemda atas perintah Presiden.

“Kami akan sedang menyiapkan Surat Edaran Gubernur untuk menindaklanjuti perintah Presiden  ini dan akan segera didistribusikan ke seluruh OPD lingkungan Pemrov Gorontalo,” imbuhnya.

Aryanto berharap dukungan dan komitmen pimpinan sebagai Pemimpin Perubahan di lingkungan instansi masing-masing akan mendorong percepatan internalisasi core values ini. Kedepan, implementasi nilai-nilai dasar ini akan dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan sebagai bagian dari proses internalisasi.

 “Kami akan bekerjasama dengan Badan Kepegawaian, BPDSM dan instansi lain terkait agar proses internalisasi ini berjalan optimal dan lancar,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00