Bupati Nelson Paparkan Potensi Pertanian Di Kementerian Pertanian RI

Foto Humas

KBRN Gorontalo : Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo memaparkan potensi komoditi ekspor pertanian yang ada di wilayah Kabupaten Gorontalo ke pihak Kementerian Pertanian (Kementan) RI melalui zoom meeting yang digelar APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) untuk menjadi bahan audiensi dengan Menteri Pertanian, Selasa (27/07/2021).

Dalam pertemuan online di rumah jabatan Bupati Gorontalo, tampak didampingi Kadis Pertanian, Staf Khusus Bidang Pertanian, serta stakeholder terkait.

Ada lima komoditi ekspor yang dipaparkan Bupati Nelson pada kesempatan ini, yakni meliputi, jagung, kepala, gula aren, pisang dan biofarma.

Karenanya ia menghimbau Kementan RI untuk dapat memberikan subsidi secara tepat sasaran dan tepat waktu agar setiap komoditi ekspor bisa berproduksi dengan baik.

“Kadang kala subsidi dapat menghambat siklus jika penyalurannya terlambat. Ini yang menjadi problem”, jelasnya.

Selain itu Bupati Nelson menyatakan, pihaknya telah memfasilitasi para petani dengan mediasi pinjaman melalui perbankan lewat program kredit usaha rakyat atau KUR.

“Pemerintah Kabupaten Gorontalo mendorong KUR begitu besar banyak di perbankan, sehingga kemandirian pertani bisa dilakukan. Sedangkan terkait kelembangaan kami punya balai penyuluh pertanian,” tuturnya.

Menarik dalam pemaparan tersebut, Bupati Nelson nampak mendorong komoditi kelapa sebagai unggulan yang butuh perhatian Pemerintah Pusat. Antaranya, kelapa sawit di Kabupaten Gorontalo, pengelolaanya 80 persen oleh swasta, sedangkan 20 persennya dikelola mandiri oleh rakyat. “Alhamdulillah di Kabupaten Gorontalo ada tiga pabrik merespon baik”, tandasnya. (RA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00