Tidak Hanya di Bone Bolango, Spot Spot Salvador Dali Juga Ada di Boalemo

Bunga karang Salvador Dali / Foto : Donald R Wahani

KBRN, Gorontalo : Bunga Karang Raksasa atau yang dikenal dengan Koral Salvador Dali ternyata di Gorontalo bukan hanya ada di Pantai Olele Kabupaten Gorontalo. Tetapi juga terdapat di Kabupaten Boalemo. 

Spesies spons dengan Nama Latin Petrosia lignosa itu bisa dinikmati saat berwisata ke Pulau Monthuli.

Tempatnya tidak jauh di depan bibir Pantai Bolihutuo, Kecamatan Botumoito. 

Salah satu Tour Guide Donald Raymond Wahani, mengatakan Bunga Karang Raksasa di Boalemo ini, merupakan salah satu daya tarik bawah laut bagi wisatawan domestik maupun mancanegara yang ingin menyelam di perairan Gorontalo.

“Salvador Dali Sponge Coral di Boalemo ini, dapat kita temukan di kedalaman sepuluh sampai tiga puluh meter di bawah laut,” ungkap Donald.

Donald menjelaskan, di sekitaran Wisata Pulocinta Boalemo, banyak juga ditemukan Koral Salvador Dali Sponge ini, bahkan ada salah satu nama spot penyelaman dinamakan dengan Salvador City, atau Kota Salvador.

“Warna dari Bunga Karang Raksasa ini, bermacam-macam. Ada yang berwarna jingga, kuning, coklat dan abu-abu, tergantung dari kandungan parasit yg ada di karang tersebut,” bebernya.

Menurut data Wikipedia, Koral Salvador Dali atau Bunga Karang Raksasa itu, pertama kali ditemukan di Teluk Gorontalo pada tahun 1920, oleh seorang Pegiat Selam Amerika Serikat, Rantje Allen.

Rantje Allen memberikan nama pada koral endemik perairan Gorontalo itu, dikarenakan bentuk kulit luar koral tersebut menyerupai rongga yang mirip karya dari salah satu pelukis asal Spanyol, Salvador Dali.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00