KPK Tekankan Pentingnya Peran Audit Pemberantasan Korupsi

Ketua KPK Firli Bahuri Saat Menjadi Pembicara dalam ACWG Pertemuan Kedua. (Foto: ist)

KBRN, Jakarta: Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menekankan pentingnya peran audit dalam pemberantasan korupsi.

Hal itu diutarakan oleh Firli dalam Pertemuan Kelompok Kerja Anti-Korupsi (Anti-Corruption Working Group/ACWG Putaran Ke-2.

"Salah satu isu prioritas usulan Indonesia adalah peningkatan peran audit dalam pemberantasan korupsi," kata Firli Bahuri, Selasa (5/7/2022).

Ia pun menjelaskan, usulan itu telah didukung untuk dibahas pada tahapan prinsip-prinsip (high level principle/HLP) oleh delegasi negara-negara anggota G20 di ACWG Putaran Ke-1 di Jakarta. 

"Menghasilkan dokumen kebijakan tentang peningkatan peran audit dalam pemberantasan korupsi sehingga dapat dibahas di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20," katanya.

Firli juga berharap, para delegasi yang hadir secara langsung dan virtual pada pertemuan dapat menyepakati prinsip-prinsip tentang peningkatan peran audit dalam pemberantasan korupsi yang nantinya terangkum dalam dokumen kebijakan yang mengikat bagi negara-negara anggota G20. 

“Saya sangat berharap pada penghujung pertemuan ini, kita dapat menyepakati pembahasan mengenai prinsip-prinsip HLP dan menyerahkan dokumen itu sebagai wujud kerja kolektif kita (Forum ACWG) ke pemimpin negara-negara anggota G20,” tegasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar