Jubir G20: Akan Ada Kenaikan Varian Omicron Baru

Juru Bicara G20 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi dalam pers konferensi The 1st G20 Health Ministerial Meeting and JFHMM, Senin (20/6/2022). (Foto: Tangkapan layar YouTube Kementerian Kesehatan)

KBRN, Jakarta: Juru Bicara G20 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi menyebut, akan ada potensi kenaikan kasus Covid-19 sub varian omicron BA.4 dan BA.5.

"Akan ada potensi peningkatan jumlah kasus Covid-19 karena BA.4 dan BA.5 tetapi hingga saat ini kami belum melihat adanya potensi peningkatan jumlah kasus," kata Nadia dalam The 1st G20 Health Ministerial Meeting and JFHMM, Senin (20/6/2022). 

Menurutnya, jika dilihat dari dua hingga tiga hari yang lalu ada kenaikan peningkatan kasus hingga kurang lebih 500.

"Masih ada potensi kenaikan jika kita tidak meningkatkan testing dan tracing kita atau sistem survailance kita. Tapi dengan adanya kekebalan kelompok yang ada kita masih bisa menekan potensi kenaikan," imbuhnya.

Pemerintah pun terus mengimbau masyarakat untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan. Ia menyebut, penerapan protokol kesehatan ketat dan evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diharapkan potensi kenaikan kasus BA.4 BA.5 dapat dikontrol. 

"Kami tetap mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker, khususnya ketika berada melakukan aktivitas di dalam ruangan. Anak-anak di bawah 6 tahun, lansia, orang dengan komorbid, orang yang belum divaksinasi karena kondisi kesehatannya, mereka harus terus menggunakan masker," ujar dia menambahkan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar