BPK RI Pimpin Penyusunan Draf Komunike SAI20

Ketua BPK, Isma Yatun, bersama para delegasi SAI dari negara-negara anggota G20 peserta Senior Official Meeting di Labuan Bajo (Foto: Dok BPK)

LKBRN, Jakarta: Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) beserta Supreme Audit Institution (SAI) dari negara anggota G20 melaksanakan kegiatan Senior Official Meeting (SOM). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari, 20-21 Juni 2022 dan merupakan rangkaian kegiatan inisiasi pembentukan engagement group di bawah G20 yaitu SAI20. 

Ketua BPK RI Isma Yatun mengatakan antusias anggota SAI20 yang tinggi menunjukkan komitmen terhadap pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). SAI20 berperan juga dalam mendorong kolaborasi, kontribusi, percepatan pemulihan ekonomi pasca-Covid 19.

"SAI20 akan bersama membangun inklusivitas dan kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan baik di komunitas badan pemeriksa, maupun komunitas G20. Hal ini untuk mendukung pengelolaan keuangan negara yang tangguh dan bermanfaat," kata Isma Yatun dalam keterangannya, Senin (20/6/2022). 

SAI20 Senior Officials Meeting merupakan forum untuk badan pemeriksa (SAI) di negara-negara G20. Dua isu prioritas SAI20 adalah percepatan pemulihan ekonomi  dan dukungan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan untuk penyusunan Konsep Komunike SAI20. 

Pertemuan ini dihadiri oleh delegasi tingkat Direktur Jenderal atau tingkat eselon I SAI Anggota G20. Negara yang hadir secara fisik di Labuan Bajo  antara lain Australia, Brazil, India, Indonesia, Rusia, dan Saudi Arabia. Sedangkan yang hadir virtual adalah Argentina, China, Korea, Meksiko, South Africa, dan Turkey.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar