FOKUS: #G20

G20 Belitung: Menanti Keputusan Mobil Listrik

Gubernur Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman (kiri), dan General Manager (GM) PLN Babel, Amris Adnan (kanan) / Erzaldi Rosman menyebutkan, kendaraan listrik akan menjadi official car atau sarana transportasi pada Development Working Group (DWG) The Group of Twenty (G20) 2022 yang akan berlangsung di Pulau Belitung pada 7-9 September 2022 mendatang. (Deby/RRI)

KBRN, Pangkalpinang: Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, menyebutkan, kendaraan listrik akan menjadi official car atau sarana transportasi pada Development Working Group (DWG) The Group of Twenty (G20) 2022 yang akan berlangsung di Pulau Belitung pada 7-9 September 2022 mendatang.

Menurut Erzaldi, berdasarkan hasil pertemuan pihaknya dan Deputi Bappenas, Provinsi Bali yang juga menjadi tuan rumah, akan menggunakan kendaraan listrik ini bagi delegasi yang hadir.

"Kami belum tahu kendaraan apa, tetapi yang akan dijadikan official car adalah kendaraan yang bertenaga baterai dan ini baru kami dapatkan informasinya kemarin ketika kami mengadakan rapat dengan Deputi Bappenas," kata Erzaldi kepada RRI.co.id di Pangkalpinang, Kamis (27/1/2022).

Dia menjelaskan, Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) telah hadir di Pulau Bangka, dan dilanjutkan di Pulau Belitung, karena Belitung akan menjadi salah satu tuan rumah G20.

"Bali sudah jauh lebih dulu menggunakan kendaraan listrik sebelumnya, jadi kemarin kami pun berharap Belitung juga kita dorong," jelasnya.

Sebagai tindak lanjut, pihaknya mengupayakan terus berkonsultasi dan mengajukan agar di Belitung juga dapat menggunakan kendaraan listrik seperti kesiapan di Bali.

"Keputusannya ada pada pemerintah pusat, ketika ada respon, kami akan minta PLN kembali membangun SPKLU di Belitung," ujarnya.

Sementara, General Manager (GM) PT PLN UIW Babel, Amris Adnan, mengatakan, hal serupa Green Energy dari kendaraan jenis ini membuat G20 di Belitung memang direncanakan akan menggunakan kendaraan ini sebagai sarana transportasinya.

Pihaknya, kata Amris, menyambut baik kendaraan listrik yang akan digunakan pada pertemuan tingkat Internasional G20 di Negeri Laskar Pelangi nantinya.

"Kita tentu menyambut baik, kita dukung apalagi kondisi Belitung dengan cadangan (listrik) yang masih tersedia. Insya Allah kita sangat mendukung," ujar Amris.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar