FOKUS: #G20

Perkuat Pesan Presidensi G20, Kominfo Gandeng E-Commerce 

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggandeng sejumlah perusahaan di bidang perdagangan elektronik (e-commerce) untuk mensosialisasikan presidensi G20 Indonesia ke masyarakat. Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kementerian Kominfo, Usman Kansong, mengatakan, perusahaan e-commerce telah dikenal masyarakat secara luas, sehingga bisa turut berperan menjadi saluran penyampai informasi terkait peran dan manfaat Presidensi G20 dengan tepat dan baik. (Foto: Dok. Antara/ Narasi: RRI.co.id-Kominfo)

KBRN, Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggandeng sejumlah perusahaan di bidang perdagangan elektronik (e-commerce) untuk mensosialisasikan presidensi G20 Indonesia ke masyarakat.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kementerian Kominfo, Usman Kansong, mengatakan, perusahaan e-commerce telah dikenal masyarakat secara luas, sehingga bisa turut berperan menjadi saluran penyampai informasi terkait peran dan manfaat Presidensi G20 dengan tepat dan baik.

“Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, bagaimana meramaikan presidensi G20 Indonesia melalui Komunikasi Publik (di Kementerian Kominfo),” ujar Usman saat bertemu dengan sejumlah perusahaan e-commerce di kantor Kominfo Jakarta, seperti dikutip RRI.co.id, Selasa (11/1/2022).

Peran dan geliat perusahaan e-commerce diakui Dirjen IKP makin terlihat bahkan mampu berkembang selama pandemi COVID-19. 

Melonjaknya minat masyarakat untuk berbelanja secara online, karena kondisi pandemi turut mendorong perkembangannya.

Perusahaan e-commerce juga dinilai Usman memiliki berbagai keunggulan dalam hal teknologi dan ide-ide kratif, yang bisa dikolaborasikan dengan strategi komunikasi publik yang dimiliki Kementerian Kominfo.

“Kami ingin ada kontribusi teman-temen (perusahaan e-commerce) disini. Kami ingin ada yang konkret dari segi showcase (sebagai penunjang informasi presidensi G20),” ujar Usman Kansong.

Pada kesempatan tersebut, Usman kembali mengungkapkan jika Presiden Joko Widodo dalam setiap kesempatan telah menegaskan gelaran G20 harus menjadi momentum seluruh sektor menunjukkan peran sekaligus mengambil manfaat dari event internasional ini.

Oleh karena itu, Usman pun meminta para pemangku kepentingan, terutama masyarakat di sekitar lokasi pertemuan G20 bisa mengambil peran. 

“Dari sisi Komunikasi Publik, kami bayangkan masyarakat Indonesia punya rasa memiliki terkait presidensi G20,” kata Dirjen IKP.

Keterlibatan perusahaan e-commerce diharapkan bisa turut membumikan isu-isu yang akan dibahas dalam setiap pertemuan di G20. 

Sehingga selain mendukung terselenggaranya kegiatan, yang terpenting lagi adalah masyarakat bisa mengambil manfaat. 

Oleh karenanya, Dirjen IKP berharap akan terjalin kolaborasi baik antara perusahaan-perusahaan e-commerce dan Kementerian Kominfo.

Pada kesempatan yang sama Staf Khusus Menteri Kominfo, JH Phillip Gobang, turut menambahkan bahwa momentum Presidensi Indonesia G20 harus ikut dirasakan dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat. 

Kolaborasi Kementerian Kominfo dengan e-commerce diharapkan bisa membuahkan berbagai gagasan atau ide yang menarik perhatian dunia terhadap kemajuan transformasi digital yang sedang dilakukan pemerintah.

“Dalam diskusi ini kami ingin mendengar ide-ide besar dari teman-teman (e-commerce) dengan begitu kita bisa berkolaborasi terkait dengan hal-hal yang bisa dilakukan kerja sama untuk membumikan presidensi G20 ini sehingga betul-betul dirasakan oleh masyarakat kepentingan dan manfaatnya,” kata Phillip.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar