3 Fokus Presiden Jokowi di Presidensi G20

Foto:

KBRN, Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) memaparkan tiga hal yang jadi fokus pemerintah dalam Presidensi G20. Mulai dari membangun infrastruktur digital dari sisi kesehatan, rancangan transisi energi dan ekonomi hijau, hingga ekonomi digital.

Menurut, Jokowi, isu kesehatan harus menjadi perhatian bersama. Untuk itu kesiapan infrastruktur kesehatan menjadi modal penting untuk dapat menjawab tantangan kesehatan kedepan.

"Pertama yang berkaitan dengan arsitektur kesehatan global, kita desain bersama-sama sehingga bisa reponsif terhadap adanya pandemi berikutnya, ada arsitektur globalnya, itu sudah siap," ujar Jokowi dikutip Inews, Selasa (11/1/2022). 

Selain itu, Jokowi menyampaikan bahwa pembangunan transisi energi dan ekonomi hijau juga menjadi fokus garapan pemerintah ke depan. Sebab, jika terus mengandalkan sumber energi dari fosil akan memperburuk perubahan iklim yang terjadi saat ini.

"Yang ketiga berkaitan dengan digital ekonomi, saya kira untuk hal ini kita mempunyai potensi valuasi yang besar, itungan kita di tahun 2030 kita memiliki potensi 315 miliar dolar AS itu," kata dia.

Jokowi menegaskan, jangan sampai potensi besar tersebut diambil dan dimanfaatkan oleh orang lain. Untuk itu, menurutnya perlu penguatan dari sisi sumber daya manusia.

"Sering saya sampaikan talenta digital kita harus siap, startup kita harus siap, unicorn kita harus siap, decacorn kita harus siap menghadapi sebuah peluang besar seperti ini, sehingga rakyat mendapatkan manfaatnya," ucap Jokowi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar