FOKUS: #PPKM

Kominfo Usulkan Tiga LPP Konsolidasi Peliputan G20

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo (Dirjen IKP) Usman Kansong bersama Direktur Utama LPP RRI I. Hendrasmo, memberikan arahan saat Rapat Koordinasi LPP RRI akhir tahun 2021, di Hotel Redtop, Pecenongan, Jakarta, Jumat (17/12/2021). (Foto/rri.co.id/Charlie Reinhard)

KBRN, Jakarta: Dirjen Informasi dan Komuniasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong, mengusulkan adanya konsolidasi antara Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI, TVRI dan LKBN Antara pada peliputan selama keketuaan Indonesia di G20.

Usman mengatakan, usulan itu berdasarkan kesuksesan tiga LPP dalam pemberitaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Oktober lalu.

“Kemarin di PON kita integrasikan antara tiga LPP ini TVRI, RRI dan Antara dalam satu website. Saya berharap di G20 nanti juga akan seperti itu,” ungkap Usman Kansong ketika menghadiri Rapat Koordinasi LPP RRI 2021, di Hotel Redtop Jakarta Pusat, Jumat (17/12/2021).

Menurut Usman, adanya integrasi pemberitaan dari ketiga LPP tersebut, diharapkan akan semakin menjawab berbagai tantangan yang ada.

“Ini bisa menjawab tantangan citizen journalist. Jadi, bisa saja wartawan Antara itu selain dia memproduksi berita G20 untuk Antara, dia bisa dihubungi oleh TVRI kan. Laporan dari Bali, apa yang terjadi pada sherpa meeting atau finance meeting atau side meeting,” papar Usman.

“Kita juga kan sekarang punya website RRI.co.id, TVRI juga punya, Antara juga punya. Ini coba kita integrasikan seperti apa. Saya betul-betul mendorong,” tambahnya.

Direktur Utama LPP RRI, I. Hendrasmo, diminta untuk menggelar pertemuan khusus, membahas konsolidasi bersama dua LPP lainnya dalam pemberitaan Keketuaan G20 Indonesia.

“Ini penting saya kira kita rumuskan, nanti barangkali pak Dirut mengatur pertemuan satu waktu dengan TVRI dan Antara, kita briefing yang lebih luas lagi. Panjang ini karena satu tahun (Keketuaan G20 Indonesia-red),” jelas Usman Kansong yang turut menghadiri pelantikan Dewan Direksi LPP RRI periode 2021-2026.

Peran penting ketiga LPP tersebut, dikatakan Usman, merupakan amanat yang diberikan Presiden Joko Widodo.

“Presiden itu mengharapkan komunikasi publiknya bagus. Kita berharap betul dengan RRI yang mempunyai Voice of Indonesia dan TVRI mempunyai World News. Antara juga ada kerja sama dengan berbagai kantor berita di negara-negara lain. Terakhir, ada MoU dengan Bernama yang dihadiri oleh Menkominfo juga,” ujar Usman Kansong.

Keketuaan G20 Indonesia resmi dimulai pada 1 Desember hingga 30 November 2022. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar