Jokowi Inginkan AS Mitra Ekonomi G20 Indonesia

Mengawali kunjungan kerjanya ke Indonesia, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken, melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Senin (13/12/2021) malam. Presidensi Indonesia di G20 menjadi salah satu fokus pembahasan yang disampaikan oleh Presiden Jokowi, dalam pertemuan yang juga dihadiri oleh Menlu RI Retno Marsudi. Menlu RI menyebut, Presiden Jokowi menjelaskan prioritas G20 selama keketuaan Indonesia serta mengharapkan dukungan AS. (Foto : Lukas-Biro Pers Sekretariat Presiden).

KBRN, Jakarta: Mengawali kunjungan kerjanya ke Indonesia, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken, melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Senin (13/12/2021) malam.

Presidensi Indonesia di G20 menjadi salah satu fokus pembahasan yang disampaikan oleh Presiden Jokowi, dalam pertemuan yang juga dihadiri oleh Menlu RI Retno Marsudi.

Menlu RI menyebut, Presiden Jokowi menjelaskan prioritas G20 selama keketuaan Indonesia serta mengharapkan dukungan AS.

“Penjelasan prioritas G20 Indonesia. Indonesia mengharapkan Amerika Serikat dapat menjadi salah satu mitra di bidang ekonomi,” ungkap Menlu Retno Marsudi dalam keterangan pers yang digelar setelah pertemuan, seperti dikutip RRI.co.id.

Secara khusus, Presiden juga menyampaikan keinginan Indonesia untuk menjadi bagian dari rantai pasokan global di bidang kesehatan.

“Pada saat Presiden bicara mengenai hubungan bilateral termasuk di bidang investasi dan Indonesia juga mengharapkan dapat menjadi bagian dari rantai pasokan global untuk bidang kesehatan,” tambah Retno Marsudi.

BACA JUGA: Bertemu Blinken, Jokowi Sampaikan Prioritas Presidensi G20

Dikatakan Retno Marsudi pertemuan juga dimanfaatkan Presiden Jokowi, untuk memberikan apresiasi atas dukungan yang diberikan AS selama pandemi.

“Presiden juga menyampaikan apresiasi atas dukungan vaksin Amerika Serikat dan dukungan dukungan lain yang diberikan kepada Indonesia selama pandemi ini. Diskusi berjalan dengan sangat hangat dan terbuka dan tampak sekali komitmen Amerika Serikat untuk memperkuat kemitraannya dengan Indonesia termasuk di bidang ekonomi,” paparnya.

Keinginan Indonesia untuk menjadi bagian dari rantai pasokan global di bidang kesehatan disambut baik termasuk keketuaan Indonesia di G20.

“Dalam pertemuan Amerika Serikat juga menyambut baik keinginan Indonesia untuk berpartisipasi dalam supply chain bidang kesehatan. Secretary Blinken juga menyampaikan dukungan terhadap keketuaan G20 Indonesia,” ucap Menlu RI.

Menurut Retno Marsudi, Menlu Blinken turut menyebut AS berkomitmen untuk bermitra dengan Indonesia dalam bidang investasi infrastruktur.

‘Sebagaimana teman-teman ketahui bahwa kemarin baru saja dilakukan pertemuan para menteri luar negeri G7 dan ASEAN. Ini adalah pertemuan pertama kali yang dilakukan antara para Menlu G7 dan ASEAN. Ada salah satu bahasannya adalah mengenai komitmen dari negara-negara G7 untuk meningkatkan investasi di bidang infrastruktur, termasuk melalui mobilisasi partisipasi private-sectors dari mereka,” pungkasnya.

Menlu Antony Blinken akan berada di Indonesia hingga Selasa (14/12/2021) dengan agenda, Pertemuan bilateral dengan Menlu RI, penyampaian pidato mengenai Indo-Pasifik di Universitas Indonesia serta peninjauan ke even proyek USAID.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar