7,1 Kilogram Sabu Dimusnahkan Polres Sanggau

Suasana pemusnahan 7,1 kilogram sabu di Mapolres Sanggau, Senin (31/10/2022).

KBRN, Entikong: Polres Sanggau memusnahkan barang bukti narkoba jenis sabu di halaman Mapolres Sanggau, Senin (31/10/2022). Sabu seberat 7,1 kilogram tersebut merupakan hasil pengungkapan Polres Sanggau pada 8 Oktober 2022 lalu di Sekayam, kecamatan perbatasan Kabupaten Sanggau dengan Malaysia.

"Sesuai koordinasi dengan Jaksa Penuntut Umum, barang bukti itu bisa kami musnahkan untuk tahap penyelidikan," kata Kapolres Sanggau, AKBP Ade Kuncoro Ridwan.

Ade menyebut, sabu yang dimusnahkan itu bisa menyelamatkan 60 sampai 70 ribu masyarakat dari bahaya narkoba. Selain sabu, ade menyampaikan, pada penangkapan di Sekayam juga ditemukan barang bukti lain.

"Memang ada barang bukti jenis diduga ektasi, sebanyak 2136 yang kami duga awalnya ektasi, namun uji lab dari Balai POM ternyata negatif narkotika," tambahnya.

Walaupun barang bukti tersebut negatif dan tidak dimusnahkan, tetapi tetap disita oleh pihaknya. "Nanti akan kami tahap duakan pada saat serah terima tersangka dan barang bukti ke Kejaksaan Negeri Sanggau, jadi rekan-rekan juga bisa melihat saat serah terima," ujar Kapolres.

Ia menjamin pada proses penyelidikan tidak ada penyelewengan maupun penyalahgunaan dari personelnya terutama penyidik narkotika. "Kami komit bahwa penegakan hukum terhadap narkotika tidak pandang bulu, kita bersama-sama berkomitmen supaya Sanggau ini bersih dari narkoba," pungkasnya.