APBD Sanggau 2021 Difokuskan untuk Penguatan Ekonomi

KBRN, Sanggau : Bupati Sanggau Paolus Hadi menyampaikan nota pengantar Kebijakan Umum APBD dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Tahun Anggaran 2021 dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Sanggau, Senin (19/10/2020). 

"Di RPJMD kita tahun 2021 itu masih bicara penguatan ekonomi, juga soal IPM, pendidikan, kesehatan dan infrastruktur. Jadi arah dan prioritas pembangunan kita ke sana," ungkap Paolus Hadi usai rapat.

Bupati menjelaskan, berdasarkan target RPJMD kebutuhan anggaran Pemkab Sanggau sangat besar, namun karena secara nasional terjadi pengurangan anggaran maka dilakukan evaluasi.

"Tapi dengan anggaran yang kita punya dari pendapatan yang diperkirakan Rp1,5 trilyun lebih, akan kita bagikan dengan benar untuk kita belanjakan yang pada akhirnya memaksa kita untuk devisit. Devisit inilah nanti yang menambahkan lagi jumlah belanja kita. Kita berharap Silpa 2020 ini mampu menutupi devisit itu," tambahnya.

Untuk program peningkatan ekonomi di tahun depan, lanjut Bupati adalah dengan memperkuat UMKM di Sanggau.

"Tentu kita tidak bisa bekerja sendiri dengan hanya mengandalkan APBD saja, tapi juga dengan memanfaatkan dana lain termasuk perbankan yang memberikan peluang cukup besar untuk UMKM kita dengan berbagai bantuannya," pungkas Bupati.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00