Perangkat Desa Diminta Percepat Penyaluran BLT-DD

KBRN, Sanggau : Bupati Sanggau Paolus Hadi meminta perangkat desa mempercepat penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada warga terdampak Covid19.

Hal itu disampaikan Paolus Hadi dalam rapat koordinasi dengan seluruh Camat dan Kepala Desa se Kabupaten Sanggau yang diselenggarakan virtual dari ruang rapat lantai II Kantor Bupati Sanggau, Selasa (14/7/2020).

"Karena konsekuensinya ketika ada desa yang tidak menganggarkan dana desa, maka sanksinya pada tahap ketiga, dana desa tidak akan disalurkan lagi dari kas umum negara ke kas umum daerah yang kemudian akan disalurkan ke desa bersangkutan," kata Paolus Hadi.

Dikatakan, selain menjalankan tugas pokok sebagai Camat dan Kepala Desa, di situasi pandemi ini tampuk pimpinan di tingkat kecamatan dan desa juga harus ikut fokus menangani Covid19 dan dampaknya. "Termasuk memastikan BLT-DD yang sekarang disalurkan sampai kepada penerima yang layak," imbuhnya.

"Camat dan Kepala desa saya minta selalu imbau masyarakat diwilayahnya masing-masing, agar mengikuti protokol kesehatan,” tambahnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sanggau Alian menyampaikan penyaluran BLT-DD mengacu Peraturan Menteri Keuangan Nomor 40/PMK.07/2020. Dalam aturan itu, dijelaskan Alian, seluruh desa wajib mengalokasikan pagu dana desa yang ditransferkan ke rekening kas desa untuk penanganan Covid19.

“Dan sampai hari ini jumlah desa yang sudah menyalurkan BLT-DD tahap I sejumlah 162 desa, tahap II 102 desa, dan tahap III enam desa,” sebutnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00