Empat RT di Tayan Hulu Terendam Banjir

Situasi banjir di Desa Berakak, Kecamatan Tayan Hulu, Kabupaten Sanggau.

KBRN, Entikong: Hujan dengan intensitas sedang yang mengguyur Kabupaten Sanggau dalam dua pekan terakhir menyebabkan sejumlah wilayah terendam. Salah satunya di Dusun Berakak, Desa Berakak, Kecamatan Tayan Hulu.

"Berdasarkan surat dari Kepala Desa Berakak, di sana sudah mulai banjir," kata Kepala Seksi Pencegahan Bencana, BPBD Sanggau, Kristian Hendro, Rabu (16/11/2022).

Hendro merinci, ada 40 rumah warga yang terdampak banjir. Ke-40 rumah tersebut tersebar di empat Rukun Tetangga (RT), di antaranya RT 01, RT 02, RT 03 dan RT 04.

"Berdasarkan laporan dari aparat Desa Berakak, banjir terjadi dari Senin tanggal 14 sampai Rabu 16 November 2022," ungkap Hendro.

Hendro mengingatkan, warga yang bermukim di bantaran sungai untuk selalu waspada. Sebab kondisi air Sungai Kapuas dan Sungai Sekayam saat ini terpantau naik. 

"Saya minta hati-hati, tetap waspada, terutama anak-anak dan lansia. Kami minta aparat desa melaporkan segera ke kami melalui pemerintah kecamatan apabila terjadi bencana banjir dan bencana alam lainnya supaya kami dapat segera mengambil langkah penyelamatan, itu yang utama," ujarnya.

"Untuk bantuan, asalkan ada surat dari kecamatan pasti kami proses seizin Pak Bupati tentunya, karena kami juga akan melaporkan ke Pak Bupati sebagai pimpinan kami," pungkasnya.