Polisi Awasi Tujuh Jalan Tikus di Perbatasan Sekayam dengan Malaysia

Kapolsek Sekayam, AKP. Ruslan Abdul Gani

KBRN, Entikong: Kepolisian mencatat terdapat tujuh jalur tidak resmi atau jalan tikus di perbatasan Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat dengan Sarawak, Malaysia. Di jalur tersebut rawan terjadi kegiatan ilegal.

"Yang terdata di kami ada tujuh jalan tikus atau jalur ilegal di Kecamatan Sekayam," ungkap Kapolsek Sekayam, AKP. Ruslan Abdul Gani, Senin (14/11/2022).

Kepolisian, kata Ruslan, terus memperkuat pengamanan di tujuh jalur ilegal tersebut. Di antaranya dengan menambah jumlah personel di desa dan dusun yang memiliki jalan tikus.

"Pengamanannya kami tempatkan personel di sana, kebetulan kami ada Pos Subsektor di Dusun Segumon, Desa Lubuk Sabuk untuk mengawasi dan mengamankan jalur ilegal di sana," ujar Kapolsek.

Dia mengungkapkan, kerawanan di jalur ilegal yang diantisipasi pihaknya adalah soal penyelundupan narkoba. Pasalnya, dari sejumlah pengungkapan kasus penyelundupan narkoba di Sekayam, barang haram tersebut masuk melalui jalur ilegal ini.

"Kami melalui Bhabinkamtibmas dan anggota yang ditugaskan di sana terus melakukan edukasi dan pendekatan kepada masyarakat agar mereka dapat menjadi mitra kami dalam memerangi kegiatan ilegal, terutama peredaran narkoba," tutupnya.