Apakah itu People Pleasure

Apakah itu PEOPLE PLEASER ?

KBRN, Entikong : Apakah anda tipikal orang yang sulit untuk mengatakan ‘Tidak’ ? dan selalu mengatakan iya kepada setiap orang yang ingin meminta bantuan atau sesuatu kepada anda. Mengutip dari kanal Youtube Greatmind.

Jika itu benar maka bisa jadi anda adalah seorang People Pleaser, People Pleaser merupakan sebutan bagi seseorang yang selalu berusaha melakukan atau mengatakan hal yang akan menyenangkan orang lain, meski hal itu bertentangan dengan apa yang dia fikirkan dan iya rasakan, dia berusaha dengan sungguh-sungguh agar orang lain tidak kecewa kepadanya.

Ciri – ciri seseorang People Pleasure :

  1. People Pleasure cenderung menatuh kepentingan orang lain di atas kepentingan untuk diri mereka sendiri, dengan tujuan agar ia dapat disukai oleh orang lain. Dia membentuk diri dia sesuai dengan harapan orang lain. Dari tampak luar dia menyimpan banyak senyuman untuk orang lain, akan tetapi dalam hati dia banyak menyimpan bantahan dan apabila menumpuk itu dapat melahirkan rasa kesal, amarah, serta kebencian.
  2. People Pleasure punya kebutuhan yang tinggi untuk diterima orang lain. Dia cenderung untuk setuju dengan suara terbanyak tanpa mempertimbangkan atau mengutarakannya terlebih dahulu apa yang dia rasakan. Dia mencoba mensensor diri dari konfilk karena takut dikucilkan, tidak banyak hal itu membuat dia terkesan menjadi seperti tidak mempunyai pendirian.
  3. People Pleasure juga tidak terlalu kenal dengan dirinya sendiri karena ambisinya untuk menyenangkan orang lain.
  4. People Pleasure sulit mengenali apa yang ia rasakan atau ingin ia rasakan, karena dia terlalu sibuk untuk memperhatikan perasanaan dan keinginan orang lain, dikarenakan terlalu peduli dengan hal itu, dia menjadi lebih sering meminta ‘maaf’ untuk suatu kesalahan yang bukan dia lakukan.
  5. Dia mempunyai penilaian yang rendah untuk diri dia sendiri, bahkan dia mengukur harga dirinya melalui berapa banyak ‘pujian atau pengakukan’ yang dia dapatkan dari orang lain.
  6. Dia sangat percaya bahwa dia hanya layak untuk dicintai dan disukai ketika dia memberikan segalanya untuk orang lain. Hal ini bisa sangat berbahaya ketika dalam suatu hubungan yang syarat akan kekerasan atau lingkungan yang membolehkan untuk melakukan kekerasan.

Kelebihan dari sifat People Pleasure memanglah bukan suatu perilaku yang buruk dikarenakan menyenangkan orang lain merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bagi setiap manusia, dengan sifat seperti itu mereka dapat menjalin hubungan dengan orang lain lebih baik dikarenakan dapat mempertimbangkan keinginan dan perasaan mereka.

Namun, jika kadarnya itu berlebihan maka akan menjadi bumerang untuk diri mereka sendiri dan orang lain. Dengan sifat dia yang seperti itu, dia jadi mudah untuk dimanfaatkan oleh orang lain, dia tidak bisa memegang kendali atas kemauan dan dan keinginannya. Hidup dari pengidap sifat tersebut dipastikan menjadi kurang memuaskan.

Untuk memahami seseorang yang mempunyai kondisi People Pleasure, mayoritas dari mereka dibesarkan oleh figur yang tidak bisa menerima atau memaafkan perlawanan-perlawanan kecilnya yang sungguh alami sedari kecil.

Seperti orang tua mereka sering marah ketika mereka meminta makanan yang sedikit berbeda dari makanan yang sudah disiapkan.

Atau juga mereka dibesarkan oleh figur orang tua yang rapuh, yang dimana figur tersebut terbiasa menyembunyikan sesuatu yang kurang mengenakan demi melindungi perasaan orang disekelilingnya dan tidak menambah beban perasaan mereka.

Mungkin juga pada waktu mereka kecil, mereka tidak diberi ruang untuk mengekspresikan apapun yang ingin dia lakukan oleh figur orang tua / pengasuhnya, dia melihat perbedaan pendapat adalah sumber perselisihan yang menyebabkan posisi diri dia terancam, sehingga ketika dewasa untuk bertahan hidup dia berusaha untuk menjadi seperti yang orang lain harapkan.

Bagaimana untuk menghentikan menjadi seseorang yang Poeple Pleasure, mulai belajar mengatakan ‘tidak’ dengan cara yang ramah, karena kalian akan menyadari bahwa mengatakan ‘tidak’ merupakan bukan akhir dari segalanya. Karena teman , sahabat, atau kolega kerja dari mereka pasti akan dapat menghargai perbedaan pendapat, bahkan jika kita ‘menolak’ sekalipun permintaan mereka, selama bisa mengungkapkan semuanya dengan cara yang ramah dan baik, pasti orang-orang tersebut akan mengerti alasan mengapa People Pleasure tidak mau mengikuti keinginan mereka.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar