Sanggau Sudah Punya Gedung Perpustakaan, Bupati: Koleksi Bukunya Tiga Ribu Lebih Judul

KBRN, Sanggau : Perpustakaan Kabupaten Sanggau menyediakan sedikitnya tiga ribu judul buku mulai dari ilmu pengetahuan umum, agama, hukum maupun pertanian.

Hal itu diungkapkan Bupati Sanggau Paolus Hadi usai meresmikan Gedung Perpustakaan Kabupaten Sanggau di Jalan Haji Agus Salim, Kelurahan Beringin, Kamis (21/1/2021) siang.

“Kita berbangga karena ini gedung yang luar biasa, berada di tengah kota. Dan kami tadi juga sudah melihat kelengkapan perpustakaan ini. Ada sekitar tiga ribu lebih judul buku," ucap Paolus Hadi.

Dikatakan, koleksi buku di Perpustakaan Kabupaten Sanggau cukup memadai. Namun begitu, ia mendorong agar koleksi buku bisa terus diperbanyak. “Dengan semakin banyak buku yang bisa menjadi referensi, itu akan menjadi lebih baik dan membuat orang tertarik untuk berkunjung," imbuhnya.

Ia mengajak masyarakat Kabupaten Sanggau untuk memanfaatkan perpustakaan ini dengan sebaik-baiknya. Disampaikannya, setelah diresmikan hari ini masyarakat bisa datang langsung untuk menyalurkan minat baca, bahkan bila ingin meminjam juga diperbolehkan.

"Daftar dulu sebagai anggota, supaya bisa pinjam buku disini. Kami seluruh Forkopimda sudah menjadi anggota,” terang dia.

Untuk memudahkan masyarakat membaca buku secara online maupun offline, lanjut Bupati, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan telah meluncurkan aplikasi iSanggau yang dapat di-download melalui di Play Store di setiap smartphone.

"Aplikasi berbasis media sosial ini dilengkapi dengan beberapa fitur. Yaitu fitur Koleksi, e-Pustaka, Feeds, eReader, Friends dan Rak Buku. Melalui aplikasi ini, pengguna juga dapat terhubung dan berinteraksi dengan pengguna lain," beber Bupati.

Pada kesempatan itu, Paolus Hadi juga melounching WiFi Public gratis yang dapat diakses masyarakat. Fasilitas WiFi gratis itu dapat digunakan masyarakat dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB dengan radius sekitar seratus meter.

“Tadi saya juga melaunching penggunaan WiFi Public gratis yang bisa diakses masyarakat di 10 titik,” pungkasnya.

Adapun sepuluh lokasi WiFi yaitu di Rumah Betang Dori Mpulor, Tribun Taman Sabang Merah, Perpustakaan Daerah, GOR Indoor, Gedung Balai Betomu, Pujasera, Wisata Waterfront Kantuk, Masjid Jami’ Sulthan Ayyub, Keraton Surya Negara dan Mess Pemda.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00