BNN Dalami Kode Huruf di Kemasan Sabu dari Malaysia

KBRN, Sanggau : Badan Narkotika Nasional menemukan kesesuaian kode pada kemasan sabu yang diselundupkan melalui jalur perbatasan negara di Kabupaten Sanggau akhir-akhir ini.

Dari penyidikan aparat, ada kode huruf A, AA, AAA dan RR pada kemasan sabu tersebut. Dari temuan itu, disinyalir sabu yang masuk ke Indonesia melalui jalur perbatasan Kabupaten Sanggau berasal dari produsen yang sama.

"Kita belum bisa deteksi lebih jauh kode itu apakah kode produk perusahaan atau kode kurir (pengiriman). Yang jelas setiap pengungkapan penyelundupan sabu dalam jumlah besar, ada kode itu dikemasannya," kata Kasi Pemberantasan, BNNK Sanggau, Sudiyarto, Senin (28/12/2020).

Diungkapkan, tiga kali penyelundupan sabu yang digagalkan petugas di perbatasan, masing-masing 12 kilogram, lima dan tiga kilogram selalu ditemukan kode huruf yang sama pada kemasannya.

Ia menyampaikan, sabu tersebut dibawa masuk ke Indonesia dari Malaysia melalui jalur tikus di dua kecamatan perbatasan Kabupaten Sanggau, yakni Entikong dan Sekayam. Meski begitu, ia belum bisa memastikan produsen sabu tersebut berada di Malaysia atau negara tertentu.

"Kita belum mendeteksi ke tingkat berikutnya, sejauh ini selaku penyidik kami ke pembuktian perkaranya dulu, dalam artian memastikan barang tersebut merupakan jenis narkotika yang disebutkan dalam UU 35 Tahun 2009, kemudian bagaimana cara membawa dan motifnya," ujar dia.

Sementara itu, sepanjang 2020 ada 57 kasus penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Kabupaten Sanggau yang melibatkan 79 tersangka. Angka ini meningkat dibanding tahun 2019 yang hanya 41 kasus dengan jumlah tersangka sebanyak 51 orang. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00