Panen Kebun HATINYA-PKK, Bupati Sanggau: Contoh Ketahanan Pangan di Masa Pandemi

KBRN, Sanggau : Bupati Sanggau Paolus Hadi mengajak masyarakat berkreasi dan kreatif di tengah pandemi dengan memanfaatkan halaman rumah sendiri untuk menghasilkan sumber pangan.

Hal itu disampaikan Paolus Hadi saat melakukan panen kebun Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (HATINYA) PKK Kabupaten Sanggau di Komplek Antong Ngelayan, Sanggau, Kamis (22/10/2020).

"Panen ini diharapkan menjadi contoh bagi masyarakat melalui kelompok dasawisma tentang penguatan ketahanan pangan di masa pandemi. Di masa pandemi seperti ini, ketahanan pangan di masyarakat kita harus kuat, salah satunya dengan pemanfaatkan pekarangan," kata Bupati.

Ia mengungkapkan saat ini Kabupaten Sanggau masih dihadapkan dengan persoalan stunting. Angka stunting di Kabupaten Sanggau, disampaikannya berada pada persentase 25 persen atau sebelas persen diatas angka nasional.

"Program HATINYA-PKK adalah kesempatan untuk menguatkan gizi keluarga sehingga nantinya dapat menurunkan angka stunting di Kabupaten Sanggau," ujarnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Sanggau Arita Apolina menyampaikan melalui program HATINYA-PKK ini dapat mendorong masyarakat untuk memperkuat ketahanan pangan keluarga.

"Pemanfaatan lahan pekarangan, seperti harapan dalam sepuluh program pokok PKK, kiranya dapat dilakukan masyarakat," tutur Arita.

Arita menambahkan, program HATINYA-PKK bukan hanya di dalam kota, 15 kecamatan diseluruh Kabupaten Sanggau juga menjadi sasaran program tersebut.

"Untuk 15 kecamatan, kita sudah punya program. November, kita akan langsung terjun ke lapangan, seluruh jajaran Tim PKK Kecamatan dan dilanjutkan ke dasawisma. Kita akan menyalurkan bantuan untuk kegiatan program HATINYA-PKK," pungkasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00