240 WNI Dipulangkan dari Malaysia Melalui PLBN Entikong

KBRN, Sanggau : Sebanyak 240 Warga Negara Indonesia di Malaysia dipulangkan ke tanah air melalui PLBN Entikong di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Jumat (25/9/2020).

Menurut Supervisor Tempat Pemeriksaan Imigrasi pada Kantor Imigrasi Kelas II Entikong Berie Januar, para WNI tersebut dipulangkan karena ada yang bermasalah dengan izin tinggal, tersangkut persoalan narkoba dan adapula yang tidak memiliki dokumen resmi.

"Yang dipulangkan ini berasal dari dua depo di Sarawak. Dari Depo Bekenu 137 orang, dan Depo Semuja 103 orang," ujar Berie.

Ia menambahkan, sebelum memasuki gedung PLBN Entikong untuk didata, seluruh WNI yang dipulangkan wajib menerapkan protokol kesehatan lebih dulu. Diantaranya, diwajibkan menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak antara satu dengan yang lain.

"Selanjutnya mereka menjalani tes kesehatan termasuk rapid test yang dilakukan petugas Karantina Kesehatan dilanjutkan pemeriksaan Imigrasi dan Bea Cukai untuk selanjutnya diserahkan ke BP2PMI untuk diserahkan ke Dinas Sosial Pontianak," jelas Berie merinci alur pendataan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00