Kodim 1201/Mph Ajak Warga Manfaatkan Lahan Kosong Ditengah Pandemi Covid19

KBRN, Mempawah : Dandim 1201/Mph Letkol Inf. Dwi Agung Prihanto mengajak masyarakat untuk melakukan penghijauan lingkungan di masa pandemi Covid19. Ajakan itu disampaikan Dandim saat melakukan penanaman jagung di Dusun Tunas Baru, Desa Peniti Dalam II, Segedong, Mempawah.

"Kepada seluruh personil sudah saya tekankan untuk memanfaatan lahan kosong sekitar rumah sebagai sumber pangan keluarga, ini sebagai salah satu cara menjaga ketahanan pangan terutama di masa pandemi Covid19," ucap Dandim 1201/Mph Letkol Inf. Dwi Agung Prihanto.

Dandim mengatakan di tengah situasi pandemi, sektor pertanian adalah jalan untuk bangkit. Tidak harus luas, yang penting imbuh Dandim, lahan yang ada bisa dimanfaatkan.

"Pemanfaatan lahan kosong bisa dengan tanaman yang umur tanamnya pendek, misalnya sayuran, jagung, umbi-umbian, semangka, melewa dan cabai yang tiga bulan ditanam sudah bisa panen," ujar Dandim.

Di kesempatan itu, Ia menginstruksikan seluruh jajaran Kodim 1201/Mph untuk mendorong dan membantu masyarakat menciptakan sumber pangan mandiri. Sebab, pemanfaatan lahan kosong untuk ditanami sumber pangan juga bisa menggerakkan perekonomian warga.

"Tanaman-tanaman ini bisa dijual juga kalau sudah panen. Tanamannya juga bisa dipilih yang masa tanamnya singkat, biar cepat bisa dipanen," jelasnya.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan masyarakat Dusun Tunas Baru yang menyediakan lokasi penanaman bibit jagung. Tanaman ini bisa cepat tumbuh dan segera dipanen. Koramil Jungkat, warganya tolong dibantu membuat media penanamannya," tambah Dandim.

Lebih lanjut, perwira menengah TNI AD ini mengimbau agar masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid19.

"Kepada masyarakat disini saya imbau untuk selalu mengikuti protokol kesehatan, dan yang paling penting mengikuti dan melaksanakan Perbup Mempawah Nomor 50 Tahun 2020 tentang tentang Penerapan  Disiplin dan Penegakkan Hukum Protokol Kesehatan sebagai upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid19," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00