TNI AD Buka Layanan Aduan Masyarakat Melalui Tromol Pos 7000

KBRN, Mempawah : Kodam XII/Tanjungpura mensosialisasikan layanan Tromol Pos 7000 ke Kodim 1201/Mph. Melalui layanan ini, masyarakat dapat menyampaikan aduan tentang pelanggaran yang dilakukan anggota TNI di jajaran Kodam XII/Tanjungpura langsung ke Mabes TNI AD.

"Masyarakat dapat mengadukan anggota TNI AD yang melanggar hukum. Aduan bisa disampaikan melalui surat yang ditujukan ke Tromol Pos 7000 MabesAD - Jakarta. Pengaduan disampaikan apabila aduan tersebut tidak bisa diselesaikan ditingkat Babinsa, Koramil, Kodim maupun Kodam. Dan pelapor dijamin keselamatannya," ujar Kolonel Inf. Alamsyah, Tim Sosialisasi Tromol Pos 7000 untuk wilayah Kodim 1201/Mph, Inspektorat Kodam Xll/Tanjungpura, Selasa (22/9/2020).

Dikatakan, layanan Tromol Pos 7000 ini merupakan implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 68 tahun 1999 tentang Pelaksanaan Tata Cara Masyarakat dalam Berpartisipasi Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Ini juga sebagai sarana kontrol publik terhadap kami. Aduan yang disampaikan terkait pelanggaran hukum yang dilakukan anggota kami baik itu pidana ataupun perdata. Layanan Tromol Pos 7000 adalah program kerjasama markas besar TNI Angkatan Darat dengan PT Pos Indonesia," imbuhnya.

Sementara itu, Dandim 1201/Mph Letkol Inf. Dwi Agung Prihanto menuturkan layanan Tromol Pos 7000 bisa menjadi sarana bagi publik untuk menyampaikan masukan sekaligus aspirasi tentang keberadaan TNI AD ditengah masyarakat.

"Kalau ada masukan, aspirasi maupun penilaian bisa disampaikan melalui layanan Tromol Pos 7000 ini atau kalau ada yang perlu diinformasikan kepada Mabes AD bisa melalui Kodim kami," kata Letkol Inf. Dwi Agung.

Dwi Agung menambahkan layanan Tromol Pos 7000 ini juga dalam rangka membangun Zona Integritas di jajaran Korem 121/Alambanawanawai menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

"Karena salah satu indikator menuju WBK/WBBM adalah pelayanan publik yang kami berikan," pungkasnya.

Sosialisasi ini dihadiri juga Tim Tromol Pos 7000 antara lain Brigjen TNI Widhioseno, Letkol Inf. Ahmad Gufron, Mayor Inf. Agung Harefki, Babinsa jajaran Kodim 1201/Mph dan masyarakat Mempawah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00