Meriahkan Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-77, SMKN3 Komodo dan Pemdes Golo Bilas Gelar Atraksi Budaya

KBRN, Ende : Dalam rangka memeriahkan peringatan Kemerdekaan RI HUT ke-77, dua lembaga di Desa Golo Bilas SMKN3 Komodo dan Pemdes Golo Bilas di Kabupaten Manggarai Barat mengadakan pentas seni budaya di halaman rumah Gendang Kaper, desa Golo Bilas, kecamatan komodo, Manggarai Barat pada Rabu, (17/8/2022).

Peran aktif Masyarkat kampung Kaper dan siswa/siswi SMKN 3 Komodo serta Sanggar Kope Oles Todo Kongkol menyukseskan kemeriahan atraksi budaya dalam rangka HUT kemerdekaan RI dengan tarian Tiba Meka, Rangkuk Alu, Persembahan tarian dari kelas 10 SMKN Komodo, Tarian Ndundu ndake dan Tari Perang atau Caci.

Tokoh adat Gendang Kaper, Martinus Rubus kepada rri.co.id mengatakan, pementasan tarian yang dilakukan ini  masyarakat mengadakan pertunjukan tarian  sebagai bagian dari upaya untuk terus melestarikan adat dan budaya, yang diwariskan oleh leluhur mereka.

  “Kegiatan ini kami laksanakan dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan ke 77 RI dan kegiatan ini  dilaksanakan atas inisiatif dari beberapa lembaga  Masyarakat dan Sanggar Kope oles Todo kongkol serta berkolaborasi dengan SMKN 3 komodo dan pemdes Desa Golo Bilas,” ungkap Martinus.

Martinus juga menerangkan bahwa Tarian yang ditampilkan merupakan adat istiadat yang sering dilakukan oleh masyarakat Manggarai. Melalui  pertunjukan ini diharapkan dapat  mewariskan budaya kepada anak muda sebagai generasi penerus. Menurutnya dalam setiap momen penting khususnya melalui Gendang tentunya harus dilaksanakan melalui tarian ataupun atraksi budaya lainya.Martinus juga menegaskan  Generasi muda harus melestarikan budaya Manggarai.”

Sementara itu Adrianus Taur, ketua Sanggar Kope Oles Todo Kongkol dikesempatan yang sama  kemukakan, selain untuk memeriahkan HUT kemerdekaan RI yang ke 77 dan atraksi tarian daerah ini juga bermaksud untuk  menunjukan kepada generasi muda tentang budaya Manggarai yang perlu di wariskan.

“ Dan kami disini sebagai orangtua menjadi tutor untuk generasi muda lewat atraksi budaya. Dan kita melihat bahwa Labuan Bajo ini sebagai kota super prioritas, artinya super prioritas ini yang cendrung kepada wisata. Kalau menunjuk pada wisata itu berarti harus berbudaya,” kata Adrianus.

Dia  juga berterima kasih atas partisipasi dari SMKN 3 Komodo dan Mahasiswa Unika Santu Paulus Ruteng serta Pemdes desa Golo Bilas yang telah berpartisipasi dalam kegiatan memeriahkan HUT kemerdekaan RI serta  berharap agar kegiatan menampilkan atraksi budaya  rutin dilakukan agar tetap bisa dilestarikan.

Penulis : Ai Elisabet – SP Labuan Bajo

Editor : Rosa Dalima

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar