Bernuansa Adat Manggarai, Masyarakat Kampung Kaper Rayakan HUT ke -77 RI di Halaman Rumah Gendang

KBRN, Ende : Dalam rangka menyambut HUT kemerdekan ke-77 RI, Masyakarat Kaper desa Golo Bilas melaksanakan Upacara HUT ke-77 RI dengan bernuansa adat Manggarai, di halaman Rumah Gendang Kampung Kaper. Upacara ini diikuti oleh masyaratkat Desa Golo Bilas, Pemdes Golo Bilas, toko adat Desa Golo Bilas, SMKN 3 Komodo di Kabupaten Manggarai Barat serta Mahasiswa KKN UNIKA St.Paulus Ruteng. Upacara dimulai pada pukul 08.00 wita dan dipimpin oleh Kepala Sekolah SMKN 3 Komodo, Hortensia Herima, S.Pd. Upacara dengan nuansa budaya Manggarai ini merupakan pertama kalinya dilaksanakan di halaman rumah Gendang Kampung Kaper, desa Golo Bilas, Kecamatam Komodo, Kabupaten Manggarai Barat. 

Hortensia Herima, Inspektur Upacara HUT Kemerdekaan ke-77 RI kepada RRI menyampaikan bahwa pada HUT Kemerdekaan kali ini pihaknya berkolaborasi dengan desa Golo Bilas dan seluruh warga Gendang Kaper. Sebelum pihaknya di undang oleh desa, sekolahnya sudah merancang bahwa untuk merayakan HUT Kemerdekaan ke-77 RI tahun ini, dresscodenya menggunakan baju adat daerah Manggarai dengan atasan putih dan stelan bawahnya menggunakan kain tenun Manggarai. 

"Upacara HUT kemerdekaan ke-77 RI ini merupakan kerinduan seluruh masyarakat Indonesia untuk melaksanakan upacara secara offline meskipun terbatas. Masyakarat juga di ajak untuk tetap waspada, tetap hati-hati dan tetap menjaga kesehatan di situasi pandemi covid-19 yang belum sepenuhnya reda ini, "kata Hortensia. 

PLT Desa Golo Bilas, Fabianus Galgani pada kesempatan tersebut juga menyampaikan bahwa dalam momentum 17 Agustus  yang ke-77 ini, Pemdes Golo Bilas yang berkolaborasi dengan SMKN 3 Komodo dan Sanggar Kope Oles Todo Kongkol melaksanakan upacara dengan Nuansa adat Manggarai.

"Dalam momentum ini kami mempertunjukan identitas kami sebagai masyarakat Manggarai dengan menggunakan dresscode Manggarai dan merupakan pertama kalinya kami melaksanakan Upacara HUT kemerdekaan ke- 77 Repubik Indonesia di halaman Rumah Gendang kampung Kaper, "ungkapnya.

Dengan mengusung Tema  HUT Kemerdekaan ke-77 RI, “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” Fabianus mengajak seluruh masyarakat Indonesia lebih khusus masyarakat di Kabupaten Manggarai Barat agar tetap semangat dan taat pada aturan di situasi sekarang yang masih belum seratus persen pulih.

Sementara Hortensia yang juga sebagai Kepala Sekolah SMKN 3 Komodo dalam momentum 17 Agustus tahun 2022 juga menghimbau masyarakat Indonesia untuk tetap waspada dalam situasi yang belum stabil sesuai dengan himbauan Presdiden Republik Indonesia,Ir. H. Joko Widodo. Hortensia juga berharap dengan bertambahnya usia Negara Republik Indonesia, seluruh masyarakat Indonesia tetap semangat dan tetap memperkuat keutuhan dan kesatuan Republik Indonesia. 

"Semoga dengan bertambahnya usia Negara Republik Indonesia, kita sebagai warga negara tetap menjaga dan semakin diperkuat untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia, juga terus menjaga kerarifan lokal yang ada di Indonesia, meningkatkan sumber daya manusianya agar sumber daya alam bisa dikelola dengan baik, "pungkasnya.

Penulis : Ai Elisabeth

Editor    : Ferry So'o

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar