Meski Pelaksanaannya Terpusat, Bawaslu Mabar Tetap Awasi Pendaftaran Parpol

Ketua Bawaslu Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Simeon S. Sofian, S.Fil Foto : Humas Bawaslu Mabar

KBRN, Ende : Ketua Bawaslu Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) Simeon S. Sofian menyampaikan, meski penerimaan pendaftaran Parpol calon Peserta Pemilu 2024 dilakukan secara terpusat di KPU RI, namun Bawaslu Mabar tetap mengawasi proses tersebut. Hal ini disampaikan saat rapat internal prakondisi kegiatan mingguan Bawaslu Mabar, Labuan Bajo, Senin (8/8). Rapat ini membahas fokus pengawasan Bawaslu Mabar selama sepekan ke depan, yaitu mengawasi pendaftaran Parpol calon Peserta Pemilu 2024.

“Benar bahwa dari aspek tugas, fungsi, dan kewenangan, pengawasan setiap kegiatan dalam tahapan Pemilu yang berlangsung di Pusat merupakan domain Bawaslu RI, namun Bawaslu di daerah tentunya tidak boleh lepas tangan,” kata Sofian.

Menurutnya, Bawaslu Mabar tetap mengambil bagian dalam pelaksanaan pengawasan pendaftaran Parpol mulai dari awal hingga akhir. Pada tahap awal yaitu melakukan pencegahan pelanggaran melalui surat himbauan, baik kepada KPU Mabar maupun Parpol yang ada di Kabupaten Manggarai Barat.

“Untuk pencegahan, kita sudah lakukan itu melalui surat himbauan tanggal 29 Juli lalu, tinggal sekarang pengecekan berkala terhadap kesiapsiagaan helpdesk pendaftaran di Kantor KPU Mabar selama proses ini berlangsung,” ujar Sofian.

Lebih lanjut dia menjelaskan, bahwa helpdesk pendaftaran perlu dicek kesiapannya untuk mengantisipasi hal-hal yang di luar perkiraan, seperti gangguan jaringan, di mana SIPOL tidak bekerja optimal. Jika hal seperti itu terjadi, maka pihak Parpol akan berhubungan dengan KPU di daerah untuk mendapatkan solusi.

“Jadi kehadiran Pengawas itu penting, untuk memastikan KPU di daerah selalu siap sedia memberikan pelayanan selama pendaftaran berlangsung, minimal selalu ada petugas KPU yang stanby di helpdesk yang sudah disiapkan,” tegasnya.

Seperti diketahui, pendaftaran Parpol calon peserta Pemilu 2024, kini memasuki hari ke-8 dan ditutup pada 14 Agutus 2022.

Dari rilis resmi  KPU RI, hingga Minggu (7/8) terdapat 14 Parpol yang sudah mendaftar. Dari ke-14 Parpol tersebut, 10  yang dokumen persyaratannya dinyatakan lengkap dan diterima, sedangkan 4  lainnya belum lengkap dan dokumennya dikembalikan.

Selanjutnya, ke-4 Parpol tersebut masih dibuka kesempatan untuk melengkapi dokumen persyaratan sampai masa pendaftaran selesai.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar