Pelepasan Kontingen Pramuka NTT Mengikuti Jambore Nasional di Jakarta, Ketua Kwarda NTT : Saya Minta, Jagalah Kekompakan

KBRN, Ende : Kegiatan Jambore Daerah (Jamda) IX Tahun 2022 tingkat Propinsi Nusa Tenggara Timur yang berlangsung dari tanggal 2 Agustus hingga 6 Agustus di Labuan Bajo dengan melibatkan 12 kontigen dari berbagai Kwarcab di Nusa Tenggara Timur resmi ditutup. Acara penutupan dilaksanakan di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Kantor Pramuka Manggarai Barat Kawasan Padang SMIP Labuan Bajo, yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai Barat Fransiskus Sales Sodo, mewakili Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT),Sabtu (06/08/2022).

Dalam rangkaian kegiatan penutupan juga dilaksanakan acara Pelepasan 9 Kontingen Daerah Gerakan Pramuka NTT untuk mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) XI Tahun 2022 di Cibubur Jawa Barat, pada 14 hingga 21 Agustus 2022. Ke-9 kontingen yang mewakili NTT tersebut yakni; Kwartir Cabang Kupang, TTS, TTU, Flores Timur, Ende, Nagekeo, Manggarai, Manggarai Barat dan Sabu Raijua. Pelepasan Kontingen Kwartir Daerah NTT tersebut turut dihadiri oleh Ketua Kwarda Gerakan Pramuka NTT, Sinun Petrus Manuk dan Ketua Kwarcab Manggarai Barat, Belasius jeramun serta para pengurus kwarda dan kwarcab .

Simon Petrus Manuk, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka NTT, kepada RRI mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan 5 tahunan  yang semestinya sudah dilakukan pada tahun 2020.  Tapi karena Pandemi Covid akhirnya kegiatan baru bisa berlangsung tahun 2022. Petrus mengaku senang karena rangkaian kegiatan berjalan dengan lancer.

“Rasanya Plong meskipun awalnya kami was-was melihat kondisi dinamika di Labuan Bajo yang marak dengan aksi demo  dan yang lainnya. Tapi kami yakin dan percaya untuk tetap datang ke Labuan Bajo dan melaksanakan kegiatan ini, "ujar Petrus. 

Ketua Kwartir Daerah NTT Simon Petrus Manuk menyampaikan terima kasih khusus kepada Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat sebagai Tuan dan Nyonya rumah yang baik dalam mendukung dan menyediakan berbagai fasilitas utama, kepada para Bupati yang telah memberi perhatian dan dukungan anggaran kepada Kontingen Cabang masing-masing, dan juga kepada semua unsur pendukung yang telah memberikan peran yang besar dan luar biasa, berkontribusi positif terhadap kelancaran dan kesuksesan dalam pelaksanaan Jambore kali ini.

Sementara bagi para peserta Petrus juga berharap agar tetap menjaga kekompakan sampai mengikuti Jambore Nasional di Jakarta yang akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 14 Agustus Pagi dan d tutup pada 21 Agustus.

Sementara Kon Mitang selaku Ketua harian pramuka kwarcab Manggarai sekaligus ketua bidang bina muda mengatakan, peserta yang sudah dipilih dan akan di berangkatkan ke Cibubur adalah Pramuka yang sudah memiliki syarat-syarat Pramuka.

“Persiapan kita memilih mereka yang dianggap memenuhi syarat. Mereka harus memenuhi syarat sebagai Pramuka Pengalang RAMU, Pengglang RAKIT, Penggalang TERAP. Dari TERAP itu diseleksi ketat dengan aturan Pramuka Garuda. Maka dari 16 orang, 4 Putri dan 4 Putra yang dintayakan lulus dalam seleksi Pramuka Garuda. Persiapan kita menuju Jambore Nasional intensnya sudah mulai dari bulan Januari baik secara virtual maupun tatap muka. Kami mengadakan tes dan pelatihan,”jelasnya.

Menurut Kon Mitang, para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan Pramuka.

“Ini merupakan ajang yang membentuk karakter anak-anak bangsa dalam Pramuka. Dalam syarat kecakapan khusus dan umum, mereka terus dilatih tentang kerohanian, keterampilan, bagaimana cara bergaul dengan orang dan sebagainya. Setelah menikuti Pramuka waktu mereka terisi karena banyak yang diajarkan di dalam Pramuka ini. Harapannya karena yang akan berangkat bukan lagi perwakilan Kwarcab melainkan  Kwartir Provinsi Nusa Tenggara Timur, maka dari itu harus tetap menjaga tata krama orang NTT dan membawa budaya NTT serta menjaga kekompakan,”pungkasnya.

Penulis  : Ai Elisabeth

Editor :   : Ferry Soo

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar