Cegah Penyakit Menular, Perawat Rutan Larantuka Pantau Kesehatan WBP Dengan Sistem Jemput Bola

KBRN, Ende : Dalam upaya pencegahan penyakit menular di dalam lingkungan Rutan, Petugas Kesehatan Rutan Kelas IIB Larantuka melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap warga binaan Rutan Larantuka, Selasa (09/08/2022).

Pemeriksaan kesehatan ini meliputi Pemeriksaan penyakit Hepatitis, TB, dan HIV. Kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap selama 6 hari dengan sistem jemput bola, yang mana petugas kesehatan langsung turun ke blok hunian WBP untuk melakukan pemeriksaan.

Kepala Rutan Kelas IIB Larantuka, Solichin, menyampaikan Kegiatan Pemeriksaan kesehatan ini dilaksanakan dengan metode jemput bola dikarenakan kurangnya inisiatif WBP dalam memeriksakan kondisi kesehatan mereka, selain itu, banyak WBP yang merasa segan untuk melaporkan kondisi kesehatan mereka kepada petugas.

"Latar belakang pemeriksaan kesehatan dengan sistem jemput bola ini adalah karena kurangnya inisiatif dari WBP dalam memeriksakan kondisi kesehatan mereka. Selain itu, banyak WBP yang masih merasa segan untuk melaporkan kondisi kesehatan, terlebih para tahanan karena masih baru disini", ungkap Solichin.

Lebih lanjut, Solichin menjelaskan kegiatan pemeriksaan kesehatan ini dilaksanakan setiap bulan sehingga upaya pencegahan terhadap penyakit menular di lingkungan Rutan Kelas IIB Larantuka bisa berjalan maksimal.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar