Ombudsman RI Perwakilan NTT Akan Lakukan Survey Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Sumber Foto : Ombudsman Perwakilan NTT

KBRN, Ende: Kepala Perwakilan Ombudsman NTT, Darius Beda Daton dan tim mengunjungi Inspektur Pengawasan Polda NTT, Kombes Pol. Zulkifli SH.MM di ruang kerjanya, terkait survei penyelenggaraan pelayanan publik oleh Ombudsman RI di 21 Polres jajaran, pada Senin 8 Agustus 2022.

Kepala Perwakilan Ombudsman NTT, Darius Beda Daton mengatakan kunjungan ini antara lain sebagai bentuk silaturahmi antar institusi dan koordinasi bersama terkait rencana survei penyelenggaraan pelayanan publik oleh Ombudsman RI ke seluruh Polres di NTT. Nantinya tim Ombudsman akan mendatangi unit layanan SPKT, Lantas dan Intelkam di seluruh Polres untuk melakukan kegiatan survei yang akan dilaksanakan pada akhir Agustus hingga November 2022.

Pada tahun 2022, Tim Ombudsman akan mengunjungi 201 penyelenggara layanan di 22 Kabupaten/Kota se-NTT termaksud seluruh Polres dan seluruh kantor BPN untuk kementerian lembaga.

"Untuk itu kami memandang perlu untuk menyampaikan informasi ini kepada Irwasda sekaligus mengundangnya untuk menyampaikan sambutan dalam diskusi virtual kegiatan sosialisasi bersama Polres yang sedianya akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 10 Agustus 2022,"ujarnya

Ditambahkan Darius, Ombudsman akan menggelar sosialisasi tentang evaluasi penyelenggaraan penilaian publik secara virtual dengan seluruh Polres, pada Kamis (11/08) untuk mengetahui variabel penilaian.

Nantinya, tim akan melihat langsung di loket berupa sarana-prasarana layanan, standar pelayanan, wawancara untuk mengetahui persepsi maladministrasi, wawancara ke petugas untuk mengetahui kompetensi penyelenggara dan bagaimana pengelolaan pengaduan di Polres.

"Untuk tahun ini agak berbeda, kalau tahun sebelumnya, teman-teman hanya melihat ketampakan fisik standard pelayanan di loket, tahun ini karena produknya nanti adalah opini pelayanan publik, jadi ini lebih komperhensif dari penilaian-penilaian sebelumnya,"jelas Darius

Ombudsman NTT berharap survei ini akan menjadi gambaran kinerja dari masing-masing Polres di NTT. Pada kesempatan itu juga dia menyampaikan terima kasih atas kerja sama penanganan laporan masyarakat (Dumas) antara Polda NTT dan Ombudsman NTT yang telah berjalan selama ini sehingga seluruh penanganan pengaduan masyarakat di kepolisian dapat terselesaikan dengan baik.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar