Dinas Peternakan Nagekeo : Upaya Preventif Sering Dilakukan Cegah PMK Terhadap Hewan

KBRN, Ende : Antisipasi terjangkitnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap hewan, Dinas Peternakan Kabupaten Nagekeo rutin melakukan upaya preventif.

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Nagekeo, Ir. Klementina Dawo kepada rri.co.id Kamis (30/06/22) menuturkan, upaya preventif dalam rangka mengantisipasi penularan penyakit dan kuku terhadap hewan, tentunya yang paling utama adalah komunikasi, informasi dan edukasi.

Dia menjelaskan, komunikasi, informasi dan edukasi ini dilakukan untuk petugas terutama penyegaran kembali bagaimana tentang gejalah penyakit PMK itu sendiri dan juga kepada masyarakat tetap melakukan edukasi, agar bila menemukan gejalah-gejalah yang menunjukkan ciri penyakit mulut dan kuku untuk segera melapor ke petugas puskeswan.

Dikatakan Klementina Dawo, mengantisipasi penyakit mulul dan kuku terhadap hewan, langkah yang dilakukan Dinas Peternakan Kabupaten Nagekeo adalah melakukan pengawasan lalu lintas ternak, dan juga melarang pasokan ternak dari luar yang terkontaminasi masuk ke daerah.

“Kabupaten Nagekeo tidak memberikan izin masuk hewan ternak dari daerah yang tertular sebagai antisipasi PMK.” katanya.

Ia melanjutkan, untuk Kabupaten Nagekeo hingga kini masih dinyatakan bebas dari penyakit mulut dan kuku terhadap hewan, namun penanganannya tetap dilakukan dengan menyiapkan putusan Bupati terkit pembuatan gugus tugas untuk berkolaborasi dengan semua sektor, baik dari Dinas Peternakan itu sendiri, Pol. PP maupun pihak Kepolisian.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar