Gandeng Habibie Education Youth, Kadin NTT Pastikan Anak Muda NTT Bisa Kuliah Dan Kerja di Jerman

Sumber Foto : Ketua Umum Kadin NTT, Bobby Lianto, M.M.,MBA

KBRN, Ende: Masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) patut berbangga pasalnya Kamar Dagang dan Industri Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur (KADIN NTT) akan menggandeng Habibie Education Youth ke NTT. 

Ketua Umum Kadin NTT, Bobby Lianto, M.M.,MBA kepada RRI dalam Lintas Ende Pagi, Selasa (28/06) menjelaskan Habibie Education Youth  merupakan perpanjangan tangan dari pemerintah Jerman untuk memberikan beasiswa kepada anak-anak muda yang ingin melanjutkan pendidikan di Jerman. Tidak hanya itu, pada bulan Juli mendatang, rencanya HEY sendiri akan beroperasi di Kupang tepatnya di lt.3 gedung Kantor Kadin NTT. Sebelum melanjutkan studi ataupun bekerja disana, anak muda NTT wajib mengikuti kursus bahasa Jerman selama 3-6 bulan, para peserta dinyatakan lulus jika telah mendapatkan sertifikat. Setelah itu, mereka akan dikirim ke Jerman untuk kemudian mengambil studi sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Terkait biaya hidup baik dari tempat tinggal hingga uang makan bahkan uang saku telah disiapkan oleh pihak HEY. 

"Ketika sampai di Jerman mereka akan belajar 2 hari, kemudian mereka akan bekerja praktek langsung selama 3 hari dan 2 harinya mereka istirahat. Jadi anak-anak disana mereka belajar kemudian langsung mempraktekan apa yang sudah mereka belajar, mereka akan ditanggung semua biaya transport, uang makan biaya hidup, sampai ke uang saku,"tutur Bobby 

Dia menambahkan, selain belajar tentang budaya Jerman, para peserta akan dipersiapkan agar memiliki karakter baik ketika mengeyam pendidikan maupun bekerja di Jerman. Tidak hanya itu, trobosan baru ini dilakukan Kadin NTT sesuai dengan visi Gubernur NTT yakni mengirimkan anak muda NTT keluar negeri, sehingga mampu menciptakan generasi muda yang mampu membangun Nusa Tenggara Timur menjadi lebih baik. Persyaratan utama untuk mengikuti program tersebut yaitu anak muda yang memiliki ijazah SMA sederajat, berusia dibawah 30 tahun serta tidak menggunakan obat-obatan terlarang maupun alcoholic. 

"Saya juga sudah menyampaikan kepada para Bupati di daerah dan mereka sangat antusias untuk mengirimkan anak muda mereka sementara ke Kota Kupang, untuk mengikuti kursus, Kadin NTT juga bagaimana membuka hubungan bileteral daerah-daerah di NTT dengan daerah-daerah di Australia, China dan Jerman. Jadi kita memimpikan ada beberapa kota akan melakukan hubungan kerjasama bersama NTT,"ujarnya

Dia berharap agar ditahun depan Kadin NTT bisa mengirimkan para peserta untuk melanjutkan pendidikan maupun bekerja di Jerman. Selain itu, jika program ini mendapatkan respon yang baik maka dia akan menggandeng Kadin di daerah untuk memperluas jaringannya dan membuka tempat kursus didaratan Flores. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar