Tempuh Medan Sulit, Rakor Kecamatan Ndona Sukses Digelar di Desa Wolokota

KBRN, Ende : Tempuh medan sulit dengan berjalan kaki 4 jam pemerintah kecamatan Ndona melaksanakan Rakor di Desa Wolokota, pada hari sabtu,(25/06/2022).

Dalam Rakor tersebut dihadiri unsur-unsur Forkompin,UPTD tingkat Kecamatan Ndona ,Para kepala Desa, Lurah, Sekertaris desa, Sekertaris lurah, BPD , LPM seKecamatan Ndona dan Tokoh-tokoh adat ,tokoh masyarakat ,Dusun,RW,RT Desa wolokota.

Dalam sambutan Camat Ndona Yovan Pasa, mengungkapkan kegiatan Rakor tingkat Kecamatan Ndona di Desa Wolokota adalah upaya untuk mendekatkan Pemerintah Kecamatan dan stake holder terkait lainnya agar dapat merasakan kesulitan dan perjuangan masyarakat desa Wolokota juga desa - desa lainnya di Kecamatan Ndona.

"Perjalanan yang sangat melelahkan dari Desa Reka ke Desa wolokota dengan berjalan Kaki melalui Medan yang sulit sehinggah memakan waktu 4 jam dan dalam perjalanan ditemani hujan lebat ini, pertanda leluhur dan embu mamo menerima kami dan ingin kami juga merasakan apa yang selama ini dialami oleh masyarakat desa wolokota.Dan lewat perjalanan inilah kita bisa merasakan kesulitan warga masyarakat kita karna ketiadaan akses jalan yang memadai dari dan menuju Wolokota yang akan menjadi perhatian kita semua,"ungkapnya.

Camat Ndona juga mengapresiasi dan terima kasih kepada kepala desa dan tokoh masyarakat di wolokota walaupun dengan medan yang sulit tapi tetap memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat melalui pembangunan-pembangun baik infrastruktur jalan,bangunan publik dan jaringan air yang sudah tersedia di desa wolokota.

"Wolokota ini luar biasa, walaupun Medan yang masih terisolir,namun pihak Desa dan seluruh masyarakat Wolokota tetap ingin maju dan tidak tertinggal dari desa lainnya, ini yang perlu kita apresiasi dan wajib kita terus dukung upaya peningkatan jalan agar bisa membuka akses jalan dari dan ke Wolokota." Jelasnya.

Dalam penegasannya juga yovan pasa menyampaikan beberapa poin penting, diantaranya terkait penggunaan dana desa harus dilaksanakan dengan transparan melibatkan seluruh unsur masyarakat melalui musdes yang sesuai dengan UU desa no 6 tahun 2014,bagi desa-desa yang sudah melakukan pencairan dana desa segera menyelesaikan pertanggung jawaban keuangan dalam bentuk SPJ, 

Dalam Tahun 2022 Pemerintah telah mengalokasikan Anggaran sebesar Rp.7.414.000.000 Miliar untuk kelanjutan pembangunan jalan Reka-wolokota-kekasewa- Nila dan Ngaluroga oleh CV. Anikatama Wiraperkasa sehingga diharapkan Kepala desa,Tokoh adat dan masyarakat mendukung pembangunan ini jangan malah mempersulit sehinggah menghambat proses pembangunan. 

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Puskesmas Ngalupolo melaporkan angka stunting di kecamatan ndona mengalami penurunan dari bulan ferbuari sebanyak 162 orang (23%) menjadi 121 orang (16%) di bulan mei sebanyak 41 orang yang sembuh , kades puutuga menyampaikan apresiasi dengan kegiatan Rakor keliling ke desa-desa sehingah kami dapat melihat kesusahan yang dialami masyarakat desa tetangga sehinggah dapat menghilangkan ego kita yang selama ini kami hanya memikirkan kepentingan desa masing-masing.

"Dengan rakor yang saling mengunjungi desa ini bisa menjadi ajang studi banding dan saling memotivasi kita dalam melakukan pembangunan di desa." Ungkap Kades Puutuga.

Sementara itu Tokoh adat mosalaki ria bewa Desa wolokota, Arkadius menyampaikan terimakasih kepada camat dan rombongan yang sudah menyelenggarakan Rakor di desa Wolokota walaupun melalui medan yang berat dan cuaca yang kurang bersahabat serta ucapan terimaksi Kepada pemerintah Daerah melalui Bapak Bupati,Wakil Bupati Ende beserta jajarannya yang telah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan jalan ke dari desa Reka –ke wolokota.

"Bapak Camat Ndona tolong sampaikan pesan kepada bapak bupati untuk tetap mengalokasikan anggaran pembangunan kedesa wolokota yaitu lanjutan pembangunan jalan dan pembangunan dermaga didesa wolokota dan kekasewa sehinggah desa kami tidak menjadi desa yang terisolir dan bisa sama seperti desa-desa kebanyakan,"ungkapnya.

Diakhir Rapat Pemerintah kecamatan Ndona Menyiapkan proposal Kaitan dengan Permintaan dana untuk pembangunan jalan ke desa yang masi terisolir yaitu Desa Ngaluroga,Desa Nila,Desa Kekasewa , Desa wolokota,desa puutuga serta kelurahan lokoboko dan jaringan listrik untuk desa Nila,Desa Kekasewa dan Wolokota untuk ditandatangani desa-desa yang bersangkutan sebelum diajukan ke bapak bupati untuk diketahui .Proposal ini ditujukan ke kementrian koordinator PMK dan Kementrian Desa Tertingal.

Untuk diketahui kegiatan rapat koordinasi di kecamatan Ndona ini merupakan kegiatan rutin tiap bulan dan dilaksanakan bergilir di setiap desa kelurahan se kecamatan Ndona.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar