Update Tahapan Pemilu 2024 di NTT

KBRN, Ende: Pemilu Serentak akan dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang, tetapi persiapannya telah dilakukan sejak 2022 sekarang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) baru saja melaksanakan tahapan pemilu pada, 14 Juni 2022 kemarin.  

Kepada RRI dalam Lintas Ende Pagi, Senin (27/06) Jubir KPUD Provinsi NTT, Yos Koli mengatakan siap untuk melaksanakan seluruh tahapan pemilu 2024 baik dari tingkat Provinsi hingga Kabupaten/Kota , bahkan KPU NTT telah melakukan sosialisasi terkait peraturan komisi pemilihan umum Nomor 3 Tahun 2022 kepada stakeholder terutama partai politik, maupun instansi terkait meskipun untuk masalah anggarannya sendiri sampai saat ini belum ditetapkan secara Nasional. Pada tahun 2022 ini, KPU NTT memiliki 3 kegiatan penting yakni pertama pendaftaran dan verifikasi penetapan partai politik, kedua pemuktahiran data pemilih, ketiga pembentukan PPK & PPS. 

"Pendaftaran peserta pemilih mulai dari 29 Juli sampai dengan penetapannya nanti di tanggal 14 Desember, sedangkan pemuktahiran data pemilih itu dibulan Oktober setelah kita punya penyelenggara ditingkat bawah yaitu PPK dan PPS sudah harus dibentuk,"jelas Yos Koli

Lanjut Jubir KPUD NTT, pada tahun 2024 mendatang Provinsi NTT akan menyelenggarakan Pemilu dan Pemilihan Gubernur serta Bupati. Dari aspek penganggaran, pihaknya telah mengajukan sejak tiga tahun terakhir, agar secara kebijakan anggaran baik pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota telah mempersiapkan segala kebutuhan sebelum pelaksanaan pemilihan dan pemilu. Total persiapan anggaran untuk pemilihan gubernur dan bupati kurang lebih sebesar Rp.700 miliar, dana tersebut akan dibahas kembali bersama pemerintah kabupaten, sehingga nantinya pemerintah provinsi akan menanggung anggaran sebesar Rp.400 miliar, sementara sisahnya ditanggung oleh pemerintah kabupaten/kota. 

"Setelah peluncuran sebenarnya kami ingin segera menyelenggarakan rapat pimpinan ditingkat provinsi, jadi komisioner KPU dan sekretaris KPU seluruh NTT kita kumpulkan di Kupang untuk melakukan konsolidasi, setelah perhelatan pemilu 2019 kemudian pemilihan 2020 itu banyak sekali aktivitas untuk pengadministrasian, seluruh masalah ikutan dari pemilu 2019 dan pemilu 2020 segera diselesaikan, ada tunggakan laporan dan lain sebagainya, sehingga ketika memasuki masa tahapan kita tidak ada kendala lain,"ujarnya

KPUD NTT terus melalukan koordinasi bersama pemerintah maupun instansi terkait, untuk dukungan terhadap fasilitas yang membutuhkan perhatian dari kontribusi pemerintah daerah, agar pelaksanaan pemilu tahun 2024 mendatang bisa berjalan dengan baik. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar