Rutan Larantuka Lakukan Sosialisasi Terkait Tata Tertib dan Hukuman Disiplin Kepada WBP

KBRN, Ende : Dalam upaya meningkatkan pemahaman para warga binaan terhadap tata tertib di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Larantuka, Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (Ka.KPR), Yosep Carnus, melakukan sosialisasi terkait Tata Tertib dan Hukuman Disiplin bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rutan Larantuka, Selasa (22/06/2022).

Dalam pertemuan tersebut, Ka. KPR menjelaskan tentang jenis-jenis pelanggaran dan hukuman disiplin, mulai dari tingkat ringan, sedang, dan berat. Ia juga mengingatkan agar para WBP menghindari penggunaan alat komunikasi secara ilegal, mengingat sudah disiapkan sarana komunikasi yang legal yaitu melalui layanan Video Call.

"Jangan sampai ada lagi penggunaan alat komunikasi secara ilegal, Rutan Larantuka sudah menyiapkan sarana komunikasi dengan keluarga yang legal yaitu dengan layanan Video Call, penggunaan alat komunikasi secara ilegal masuk ke dalam kategori pelanggaran tingkat berat, yang mana saudara-saudari akan kehilangan hak-hak seperti bebas bersyarat, cuti bersyarat dan tidak mendapat Remisi",tegasnya.

Untuk diketahui, Rutan Larantuka telah menyediakan layanan Video Call dan penitipan barang bagi WBP dan Keluarga WBP sebagai pengganti besukan secara langsung, sebagai bentuk pemenuhan hak WBP dalam masa pandemi covid.

Dalam kesempatan tersebut, Carnus juga mengingatkan para Tahanan Pendamping (Tamping) yang melakukan korvei di luar Rutan, agar tidak menerima segala titipan dalam bentuk apapun dari pihak keluarga, karena semua titipan barang harus melalui layanan penitipan barang yang ada di Ruang Pelayanan Terpadu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar