HUT IBI Ke - 71, Pemerintah Lembata Diminta Perhatikan Kesejahteraan dan Tingkatkan Kompetensi para Bidan

HUT IBI Ke - 71, Pemerintah Lembata Diminta Perhatikan Kesejahteraan dan Tingkatkan Kompetensi para Bidan

KBRN, Ende : Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Lembata, Rosadalima Tuto, S.ST, dalam peringatan HUT IBI ke-71 tingkat Kabupaten Lembata, Jumat (24/6/2022) mengharapkan Pemerintah Kabupaten Lembata dapat meningkatkan kompetensi dan memberikan perhatian pada kesejahteraan para bidan di daerah itu.

Rosadalima mengatakan, bidan sebagai garda terdepan dalam tugas pelayanan. Sebab itu, bidan harus menjadi perhatian semua pihak terutama Pemerintah Kabupaten Lembata.

"Pemerintah kabupaten kalau bisa memperhatikan kesejahteraan para bidan. Juga memperhatikan SDM para bidan," ungkapnya.

Dirinya mengungkapkan, SDM para bidan perlu ditingkatkan, karna hal tersebut sejalan dengan UU Nomor 4 Tahun 2019 tentang Kebidanan, dimana dalam UU tersebut menjelaskan bahwa nantinya di tahun 2026 mendatang, para bidan yang berijazah D4 tidak dapat melakukan pelayanan sehingga harus melanjutkan pendidikan strata satu dan profesi.

"Pemerintah daerah harus melihat itu dan setiap tahun bisa memberikan kesempatan kepada para bidan untuk melanjutkan pendidikan dimaksud, " jelasnya.

Ketua IBI Lembata tersebut mengharapkan pemerintah bisa meningkatkan kompetensi dan kesejahteraan para bidan, sehingga mereka menyediakan pelayanan kesehatan yang bermutu dan mudah dijangkau oleh seluruh masyarakat.

Untuk diketahui, berdasarkan catatan Riskesdas tahun 2018, bidan juga merupakan penyediaan layanan Keluarga Berencana (KB), layanan kesehatan anak balita, serta berperan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kesehatan.

Bidan juga berperan sebagai penyedia layanan kesehatan, pendidik, penggerak peran serta masyarakat, pemberdayaan perempuan dan pelibatan masyarakat untuk kesehatan, serta sebagai pembuat keputusan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar