Pembangunan Tembok Abrasi di Dusun II Serabeko, Desa Maubasa Barat

KBRN, Ende : Pemerintah Desa Maubasa Barat, Kecamatan Ndori, Kabupaten Ende membangun tembok abrasi sepanjang 34 meter di Wilayah Pesisir Pantai Dusun 2 Serabeko.

Tembok abrasi ini dibangun melalui dana desa dengan pagu anggaran sebesar Rp. 200 juta lebih yang sudah diusulkan sejak tahun 2021 dan baru direalisasi pada tahun 2022 ini.

Demikian Kepala Desa Maubasa Barat, Amir Abday kepada RRI via telepon pribadinya Rabu (25/5/2022) di Ende.

Dijelaskan, total tembok abrasi yang harus dibangun itu sepanjang 200 meter lebih, yang mana pembangunan ini dilakukan secara bertahap dan untuk sisa pengerjaan yang belum akan diakomodir pada tahun berikutnya.

“Tembok abrasi ini kurang lebih 50 meter lebih yang belum dibangun, mungkin tahun depan kita tetap akamodir untuk kelanjutan pembangunannya.” jelas Kades Amir Abday.

Dikatakannya, dengan dibangunnya tembok abrasi ini setidaknya dapat membuat rasa aman dan nyaman bagi warga yang ditinggal di wilayah pesisir, sehingga dapat mencegah terjadinya abrasi pantai.

“Masyarakat yang tinggal disini selalu merasa kekhawatiran ketika terjadi abrasi, karena yang 34 meter ini dampaknya luar bisa, dimana ketika terjadi abrasi kikisan kedalamannya itu bisa mencapai 4 meter. Jadi dengan dibangunnya tembok abrasi ini merasa aman dan nyaman tanpa ada rasa kekhawatiran lagi.” kata Kades Amir Abday.

Ia melanjutkan, saat ini tembok abrasi dalam proses pengerjaan, dan direncanakan akan selesai lebih awal dari kalender 30 hari kerja yang ditargetkan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar