BPIP Sampaikan Agenda Kegiatan Presiden Jokowi di Ende

KBRN, Ende: Masyarakat Kota Ende patut berbangga, pasalnya upacara Kenegaraan Peringatan Hari Lahir Pancasila secara Nasional dilaksanakan di Kabupaten Ende, bahkan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo, pada 1 Juni 2022 mendatang.

Demikian yang disampaikan, Lintas Ende Pagi, Sabtu (21/05) Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga Sosialisasi, Komunikasi & Jaringan BPIP, Ir. Prakoso M.M. Dia menjelaskan upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila sendiri direncanakan akan berlangsung pada pukul 08.00 Wita. Dari informasi yang diperoleh, Presiden Joko Widodo berkenan mengunjungi Kabupaten Ende pada tanggal 31 Mei 2022 mendatang.

Upacara ini dilakukan secara daring maupun luring, bagi lembaga atau Kementerian yang tidak berkesempatan hadir, wajib mengikuti secara online. Setelah melakukan upacara Kenegaraan, Presiden beserta jajaran akan melakukan kunjungan di tempat perenungan Bung Karno, setelah itu beliau akan diarahkan menuju Rumah Tenun Ikat untuk diberikan gelar Mosalaki, dan mengunjungi rumah pengasingan Bung Karno, serta menyapa masyarakat Kabupaten Ende, namun agenda tersebut masih terus diupayakan oleh pihaknya.

"Presiden akan menyapa masyarakat, kemungkinan besar di Pasar, melakukan dialog secara konkrit tentang jual-beli maupun harganya, nanti semua itu sesuai dengan situasi dan kondisi akan dipilih mana saja yang akan dikunjungi Presiden, tapi masyarakat Ende akan berbangga karena upacara Kenegaraan ini akan dilaksanakan di Ende bahkan dipimpin langsung oleh Presiden,"ujarnya

Menurutnya, nilai-nilai Pancasila sudah diterapkan oleh masyarakat Kota Ende, sehingga ini menjadi alasan lainnya bagi BPIP untuk menyakinkan Presiden Joko Widodo berkenan hadir dalam upacara Kenegaraan. BPIP dan Pemerintah Daerah juga akan melaksanakan kegiatan side event yang mendukung Perayaan Hari Lahir Pancasila, salah satunya parade pesona kebanggsaan, pentad seni budaya dan simposium nasional.

"Setelah upacara 1 Juni 2022 juga akan ada peluncuran mata pelajar Pancasila, diinisiasi untuk juga menjadi mata pelajaran wajib lagi secara nasional, semoga masyarakat Ende mendukung aktualisasi Pancasila dan menjadi teladan bagi masyarakat Kota Ende,"tutur Prakoso

Dia menghimbau masyarakat Kota Ende untuk mendukung kegiatan perayaan peringatan Hari Lahir Pancasila dan side event lainnya, serta tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19, agar segala rangkaian kegiatan tersebut bisa berjalan dengan baik.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar