Petani Harus Semakin Moderen

KBRN, Ende : Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Ende, Ir. Marianus Aleksander kepada RRI Jumat, (20/5/2022) mengatakan, dengan memanfaatkan alat Mesin Pertanian (Alsintan) dalam bercocok tanam, petani di Kabupaten Ende siap menuju pertanian moderen.

Menurutnya, pembangunan pertanian di Kabupaten Ende sudah saatnya menuju ke pertanian maju, mandiri dan moderen dengan selalu berbenah diri kepada kelompok-kelompok sasaran di lapangan, bersama dengan para penyuluh pertanian yang ada di desa maupun di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) masing-masing kecamatan.

Dijelaskan Marianus Aleksander, untuk penggunaan alsintan sudah dilakukan mulai dari menanam menggunakan rice transplanter di lahan seluas 20 hektar.

“Dengan mengggunakan rice transplanter untuk menanam padi dengan tingkat penurunan biaya itu tinggi sekali, karena satu hektar hanya dibutuhkan satu hari saja bisa diselesaikan, ketimbang kalau menggunakan tenaga kerja itu biayanya yang cukup tinggi.” jelasnya.

Ia melanjutkan, penggunaan alsintan ini sangat membantu sekali khususnya dalam sektor pertanian padi sehingga dapat menekan biaya produksi dan mempercepat waktu pengolahan lahan, tanam maupun panen.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar