Mahasiswa PBSI Uniflor Kembali Mengunjungi Teras Baca Anmok Rewarangga

KBRN, Ende : Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Universitas Flores ( Uniflor) Ende, Nusa Tenggara Timur ( NTT), mengunjungi rumah teras baca Anak Mokekeso (Anmok), Kelurahan Rewarangga, Kecamatan Ende Timur, Kabupaten Ende, NTT, (Sabtu, 02/07/2022).

Kunjungan mahasiswa PBSI tersebut, dalam rangka pengabdian keilmuan dari mata kuliah statistik pendidikan oleh mahasiswa semester IV dan pengabdian mata kuliah etnografi pedagogi dan kearifan lokal oleh mahasiswa semester II.

Hal ini disampaikan oleh dosen pengasuh mata kuliah Statistik pendidikan, Dominika Dapa, M.Pd dikediamannya pada Sabtu, 02 Juli 2022.

Domika mengatakan, kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa Prodi PBSI itu, sebagai bentuk dari menjalankan kurikulum merdeka belajar. yang dimana, mahasiswa tidak hanya terintimidasi di ruangan kelas, tetapi harus diberikan kesempatan untuk belajar di luar ruangan, harus belajar dengan banyak orang dan harus mampu mencaritau segala sesuatu yang ada diluar, kemudian baru dipersentasikan di ruangan kelas masing – masing.

" Disamping menjalankan kurikulum merdeka belajar, kunjungan mahasiswa ini juga sangat membawa dampak positif bagi adik – adik teras baca Anmok, karena mereka melatih anak – anak untuk mengenal empat keterampilan berbahasa yakni, keterampilan menulis, membaca, menyimak dan berbicara”,ungkapnya.

Menurut Dominika, cara yang dilakukan para mahasiswa tersebut sangat ramah anak, karena setelah mereka perkenalkan empat ketrampilan membaca. Mereka mulai  mendongeng, kemudian berpuisi, setelah itu mereka akan minta anak – anak teras baca Anmok berdiskusi dan memberikan apresiasi”, ungkapnya

Untuk mata kuliah statistik pendidikan, lanjut Dominika, ini merupakan kali kedua mahasiswa melakukan pengabdian keilmuan di teras baca Anmok kelurahan Rewarangga. 

 Dia menambahkan, tidak hanya kegiatan semata yang dilakukan oleh mahasiswa PBSI di taman baca Anmok hari ini. tetapi, PBSI juga memberikan kontribusi dalam bentuk majalah untuk teras baca tersebut.

“Ya, ada 30 majalah yang kita berikan untuk adik – adik di teras baca Anmok. ini sebagai wujud dari kepedulian PBSI kepada teras baca Anmok yang hingga saat ini masih mengalami keminiman buku”, pungkasnya

Pihaknya juga berharap, agar kegiatan – kegiatan positif seperti ini dapat dilakukan secara terus menerus di teras baca Anmok.

Pada tempat yang sama Andre selaku Lurah Rewarangga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para dosen dan mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Flores Ende karena sudah berkunjung ke Teras Baca Anmok dan Rumah Tenun Mokekeso.

Ini merupakan kunjungan yang sudah kesekian kali dan tentunya sudah membawa manfaat yang baik untuk masyarakat kelurahan Rewarangga.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar