Pemerintah Diminta Menjadikan Semua Sekolah Di NTT Favorit

KBRN, Ende  Pemerintah diminta untuk menjadikan semua Sekolah Negeri di NTT menjadi sekolah favorit sehingga penerapan kebijakan  sistim zonasi tidak merugikan orang tua maupun anak. Harus diakui penerapan sistim zonasi bagi sekolah negeri saat ini masih menuai pro dan kontra dari kalangan orang tua murid dan klasifikasi soal sekolah favorit atau tidak favorit masih berlaku di masyarakat.

Hal ini disampaikan Anggota DPRD NTT Emanuel Kolfidus kepada RRI disela kunjungan kerja komisi V DPRD NTT mengenai kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru - PPDB SMA/ SMK negeri di Kabupaten Ende Rabu (29/06/2022) .

Dikatakan Eman Kolfidus, meskipun ada syarat lain seperti melalui  jalur prestasi dan alasan mengikuti orang tua karena pindah tugas, tetap saja masih membatasi niat para orang tua atau anak yang ingin bersekolah di sekolah-sekolah tertentu.

Menurut Eman Kolfidus klasifikasi sekolah favorit dan tidak favorit merupakan bentuk diskriminasi terhadap dunia pendidikan. Oleh karena itu menjadi PR bagi pemerintah untuk bisa menjadikan semua sekolah negeri menjadi sekolah favorit bagi orang tua dan anak.

“ Kita mendorong pemerintah agar sedapat mungkin mengupayakan agar semua sekolah itu favorit, sehingga tidak ada lagi dikotomi untuk itu. Ini bentuk diskriminasi terhadap dunia pendidikan tanah air. Ini jadi PR untuk pemerintah, “ kata Eman Kolfidus.

Menyinggung soal hasil pemantauan penerimaan siswa di kabupaten Ende Eman Kolfidus kemukakan, sejauh ini berjalan dengan baik sesuai dengan regulasi khususnya untuk SMA yang menggunakan sistim zonasi. Sementara untuk SMK meskipun tidak menggunakan sistim zonasi namun harus dilakukan secara online sehingga anak dan orang tua yang ingin masuk di SMK negeri, sedapat mungkin disarankan untuk segera mendaftar sebelum kehabisan kuota.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar