Pemerintah Resmi Merilis Logo HUT RI Ke - 77 : Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat

KBRN, Ende : Melalui Surat Edaran  Menteri Sekretaris Negara pemerintah secara resmi merilis logo HUT RI ke – 77 Dalam surat itu mengatur secara detai tentang Penyampaian Tema, Logo dan Partisipasi Menyemarakkan Peringatan HUT RI Ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 pada 12 Juli 2022 lalu.  

Selain slogan, pemerintah juga merilis logo HUT RI ke-77. Logo  yang resmi dirilis ini mencerminkan rasa optimis dari bangsa yang begitu dinamis, bersinergi, tegas, dan juga lugas.

Adapun logo HUT RI ke-77 tahun 2022 ini memiliki dua jenis.  Jenis pertama adalah tulisan PULIH LEBIH CEPAT, BANGKIT LEBIH KUAT yang berada di samping angka 77. Kemudian jenis kedua, dengan tulisan PULIH LEBIH CEPAT, BANGKIT LEBIH KUAT yang berada di bawah angka 77. 

Angka 77 dalam logo HUT RI ke-77 kali ini juga memiliki makna ataupun filosofi tersendiri, yakni :

1. Dua Panah ke Atas (percepatan dan pergerakan) 

Bentuk angka 77 dibuat menyerupai dua panah ke atas yang melambangkan gerak percepatan dalam proses memperbaiki kondisi Indonesia suapay pulih lebih cepat dan juga bangkit lebih kuat. 

Logo tersebut terinspirasi dari dua orang berlari dan dua anak panah yang masing-masing mengarah ke atas. 

2. Dua Anak Tangga (progres dan pembangunan)

Dua garis mendatar membentuk tangga yang dibuat mengarah ke atas melambangkan dari progress dan pembangunan di dalam segala sektor di Indonesia. 

Logo ini terinspirasi dari tumpukan batu bata yang membentuk tangga dan mengarah ke atas. 

3. Bagian Atas Terpotong (demokrasi dan keterbukaan) 

Dalam logo terdapat bagian atas yang terpotong untuk melambangkan keterbukaan bangsa Indonesia sebagai perannya di tingkat global untuk bergerak secara bebas dan aktif bersama dalam pemulihan kondisi dunia. 

Logo ini terinpirasi dari Burung Garuda yang mengepakkan sayap keterbukaan.  

4. Garis Miring dan Sudut Runcing (semangat juara dan garuda Pancasila) 

Garis miring dan sudut runcing, yang terinspirasi dari bambu runcing dan juga kepala Garuda Pancasila, melambangkan semangat pejuang bersana untuk bangkit lebih kuat dan tangguh. 

5. Dua Garis Melengkung (sinergi dan harapan) :

Dua garis melengkung melambangkan sinergi pemerintah serta masyarakat dalam bergotong royong dan bergerak bersama serta berdampingan secara fleksibel dan dinamis menuju satu arah, yaitu menuju Indonesia Maju.  Logo ini terinspirasi oleh dua figur yang berjalan bersama membawa bendera.

6. Sudut Penghubung (penghubung antar bangsa) 

Sudut penghubung melambangkan peranan Indonesia dalam forum G20 untuk mempersatukan suara negara-negara maju agar berkontribusi menyelesaikan berbagai isu dan tantangan yang sedang dihadapi dunia. 

Logo ini terinspirasi dari bola dunia dengan garis bersinggungan. 

7. Siluet Angka 1 (persatuan Indonesia) 

Masyarakat Indonesia datang dari berbagai suku, agama dan ras yang berbeda. Hal ini menjadi alasan lahir semboyan Bhineka Tunggal Ika Siluet angka satu melambangkan semangat persatuan Bhineka Tunggal Ika, sebagai semboyang Bangsa Indonesia yang besar, kuat dan bersatu.

Untuk diketahui, Panitia Nasional Kemerdekaan RI yang dikoordinasi oleh Sekretariat Negara, selalu mengumumkan logo baru sebagai identitas momen HUT setiap tahunnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar