Rewarangga Menjadi Tuan Rumah Penyerahan Pekerjaan P3-TGAI tahap I Wilayah Flores

KBRN, Ende : Dalam rangka mendukung program kedaulatan pangan dan upaya peningkatan kemampuan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat petani dalam rehabilitasi, peningkatan dan pembangunan jaringan irigasi secara partisipatif maka Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air II (OP SDA II) Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II (BWS NT II) serahkan proyek padat karya P3 – TGAI Tahap I berjumlah 17 lokasi untuk 5 Kabupaten yaitu Kabupaten Ende, Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, dan Nagekeo.

Acara Serah terima Pekerjaan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) Tahap I Wilayah Flores di Kelurahan Rewarangga Kecamatan Ende Timur, Rabu (10/8/2022).

Bupati Ende, Drs. H. Djafar H. Achmad dalam sambutannya yang dibacakan Asisten 2 bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Ende, Drs. Derson Duka, menyampaikan bahwa program tersebut sangat membantu masyarakat petani dalam meningkatkan produksi pertanian.

Bupati Djafar berharap masyarakat petani penerima manfaat program tersebut agar memanfaatkan fasilitas yang sudah disiapkan pemerintah secara baik dan bertanggung jawab serta memacu semangat masyarakat petani dalam mengembangkan usaha di bidang pertanian.

Pejabat Pembuat Komitmen Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air Nusa Tenggara II (PPK OP SDA II), Aprianus M.Y.Kale, S.ST, MT menyampaikan kepada para penerima Dana P3- TGAI untuk selalu menjaga dan merawat apa yang telah di berikan oleh pemerintah pusat.

Aprianus juga berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Ende yang telah melaksanakan kegiatan tersebut dengan sangat baik.

Tim Pelaksana Balai Wilayah Flores, Jerry Boling dalam laporannya mengatakan bahwa maksud dan tujuan dari P3 – TGAI adalah menumbuhkan partisispasi masyarakat petani dalam kegiatan rehabilitasi dan pembangunan jaringan irigasi sesuai dengan kebutuhan serta meningkatkan kinerja layanan irigasi kecil, irigasi Desa dan irigasi Tersier.

Selain itu, dengan adanya bantuan dana tersebut diharapkan bisa meningkatkan hasil produksi pertanian sebagai Outcome, sehingga bisa berdampak bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat petani.

Pada kesempatan berikut Antonius Andriyanto Lurah Rewarangga mewakili para Lurah/Kepala Desa Penerima manfaat program ini menyampaikan limpah terima kasih atas perhatian dan bantuan yang telah diberikan oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara 2.

“ Semoga apa yang sudah kami ( petani)  peroleh dapat bermanfaat bagi peningkatan produksi Pertanian dan Ekonomi masyarakat,” ungkap Lurah Andre.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar