Meski Diwarnai Hujan Deras, Ritual Taga Kamba Tetap Berjalan Lancar

KBRN, Ende : Meskipun sempat diguyur hujan  cukup deras, ritual taga kamba berjalan lancar dan sukses.  Ritual ini mengawali rangkaian kegiatan festival Kelimutu tahun 2022, yang berlangsung mulai Jumat, 12 hingga 14 Agustus 2022.

Ritual taga kamba sendiri telah menjadi agenda tetap tahunan pemerintah Kabuapten Ende, dengan melibatkan semua  mosalaki atau tokoh adat  dari seluruh wilayah Kabupaten Ende  dan berlangsung di museum tenun ikat Ende.

Pantauan rri.co.id  utusan dari 12 kecamatan yang mengantarkan  hasil bumi atau weti nata ini diterima oleh Bupati Ende Haji Djafar Achmad dan ketua DPRD Ende Fransiskus Taso, tepat dipintu masuk sao ria.

Pada kesempatan itu Bupati Djafar kemukakan, apa yang dihantarkan oleh perwakilan masyarakat dari 12 kecamatan ini diharapkan  bisa menjadi berkah bagi seluruh amsyarakat Kabupaten Ende sekaligus menajdi simbol kebersamaan.

“ Jadi saya terima semua apa yang menjadi hasil bumi dari masyarakat Ende yang ada di seluruh wilayah kecamatan. Ini merupakan bentuk syukur kita atas segala berkah, sekaligus menjadi symbol kebersamaan kita dari seluruh kecamatan. Saya senang sekali. Tadi ada ikan pari juga,” ungkap Bupati Djafar.

Lebih lanjut Bupati Djafar juga mengatakan, akan memaparkan secara detail mengenai rencana pembangunan yang berkaitan dengan adat seperti hubungan dan posisi mosalaki dalam sebuah pembangunan dan wisata adat. Menurutnya untuk memajukan potensi wisata adat, perlu ada pembelajaran dan pembanding dengan daerah lain di Indonesia yang sudah maju seperti wisata adat di Pulau Bali dan Kalimantan.

Bupati Djafar juga mengundang seluruh mosalaki yang hadir  untuk menonton Soeratin Cup U17 babak perempat final, laga antara PERSE Ende dan PERS Soe.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar